Delegasi Mahasiswa IISMA Bertolak Ke University of Zagreb dan University of Warwick

Jakarta – Atdikbud KBRI di London Bersama Ketua Program IISMA 2022 melepas keberangkatan 20 mahasiswa penerima beasiswa IISMA secara daring ke University of Zagreb dan University of Warwick pada tanggal 21 September 2022 Pukul 20.00 WIB. Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk seremonial pelepasan mahasiswa penerima program IISMA yang akan berangkat ke dua universitas yang terletak di negara Kroasia dan Inggris.

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua Program IISMA dan para orang tua, serta perwakilan 10 perguruan tinggi asal para mahasiswa. Para perwakilan tamu undangan menggunakan kesempatan ini untuk memberikan pengarahan terakhir kepada ke dua puluh mahasiswa tersebut agar dapat melaksanakan program dengan lancar, dapat beradaptasi, serta menjalani program dengan baik. Momen ini juga menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk berpamitan dengan para orang tua dan perwakilan kampusnya masing-masing.

Rachmat Sriwijaya. Ketua Program IISMA, menyampaikan bahwa University of Warwick dan University of Zagreb merupakan dua universitas kelas dunia dengan QS Ranking yang tinggi. Hal ini dapat menjadi salah satu alasan para orang tua dan perguruan tinggi asal patut berbangga dan bersyukur bisa menjadi bagian dari perjalanan studi putra-putrinya ke luar negeri melalui IISMA.

Baca Juga :  KONTRIBUSI REKA CIPTA DALAM MEMBANGUN KEMAJUAN DESA DI INDONESIA

“Kami percaya mereka akan mendapatkan wawasan luas yang sesuai dengan cita-cita kita untuk mempersiapkan pemimpin nasional dan internasional 10-15 tahun yang akan datang, dan mereka akan menjadi pribadi yang lebih tangguh, berwawasan luas serta bisa membawa nama baik Indonesia”, ucap Rachmat.

Khairul Munadi, Atdikbud KBRI London, meyakini bahwa jika kesempatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para mahasiswa, mereka akan mendapatkan kesempatan emas berikutnya untuk studi lanjut bahkan bekerja di luar negeri. Dahlanuddin, perwakilan dari Universitas Mataram, mengingatkan bahwa para mahasiswa harus siap dengan tantangan selama belajar di luar negeri misalnya rasa rindu dengan keluarga, perbedaan bahasa dan budaya, sehingga perlu segera belajar menyesuaikan diri. “Perluas jejaring pertemanan kalian, dan bawa nama baik Indonesia’, tutupnya.

Amin Pratikno, orang tua dari Hanif Restian Pratikno yang akan belaajr ke Zagreb, mengapresiasi Program IISMA yang menjadikan para orangtua bersyukur dan bangga bisa menjadi bagian dari generasi penerus bangsa yang nantinya dapat diandalkan di Indonesia. Senada dengan hal tersebut, Ina Radina, orang tua dari Farrel Zulkarnain yang akan studi ke Warwick, berharap agar anak-anak bisa menempuh pendidikan dengan baik dan selama satu semester serta dapat memberikan sumbangsih positif bagi negara.

Baca Juga :  Dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Republik Ceko, IISMA bekerja sama dengan Universitas Jember Menyelenggarakan Pre-Departure Briefing

Davin Liuz dari Warwick dan Rafi Fauzan Abdillah dari Zagreb mengucapkan terima kasih dan memohon doa restu untuk proses studi mereka di luar negeri pada semua pihak yang telah membantu proses keberangkatan mereka.

Andi Rahadiyan Wijaya, Wakil Ketua Program IISMA, mengingatkan para awardee bahwa mereka berangkat dengan uang negara sehingga harus selalu tertib administrasi, keuangan dan laporan. “Saling menjaga kekompakan. Jika ada teman-teman yang mulai menunjukkan tanda-tanda mulai menutup diri, atau tidak bisa berkomunikasi dengan yang lain, mohon saling mengawasi dan jangan ragu untuk melaporkan ke kami”, tutupnya
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id FB Fanpage : @ditjen.dikti Instagram : @ditjen.dikti Twitter : @ditjendikti Youtube : Ditjen Diktiristek E-Magz Google Play : G-Magz Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
327 Views