Gelar Pre-Departure Briefing, KBRI Indonesia di Kroasia Sambut Mahasiswa yang Akan Mengikusi Program IISMA

Pelaksanaan Program Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) terus berlanjut dan secara bertahap melakukan persiapan kepada mahasiswa yang akan berangkat sesuai dengan tujuan negaranya masing-masing. Terbaru, melalui kerja sama dengan Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung, tim pelaksana Program IISMA telah menggelar pre-departure briefing untuk mahasiswa yang akan berangkat ke Republik Kroasia pada Selasa (29/08).

Kegiatan yang dihadiri oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Kroasia, Suwartini Wirta tersebut akan melepas 15 mahasiswa yang terpilih untuk mengikuti studi selama satu semester di Universitas Zagreb.

Dalam sambutannya, Suwartini menyampaikan pesan dukungannya terhadap pelaksanaan program-program dari mahasiswa IISMA selama mengikuti program. Pihak KBRI Kroasia juga menyambut baik kedatangan mahasiswa sebagai bagian dari keluarga Indonesia di negara yang terletak di antara Eropa Selatan dan Eropa Timur tersebut.

Baca Juga :  Kemendikbudristek Lepas 32.000 Lebih Mahasiswa Program Kampus Mengajar

“Kami di sini sangat senang karena pada setiap tahunnya, jumlah mahasiswa yang diterima di Kroasia selalu mengalami peningkatan. Pada angkatan pertama terdapat 5 orang yang datang ke kroasia, kemudian 10 orang di angkatan kedua, dan saat ini di angkatan ketiga alhamdulillah meningkat menjadi 15 orang,” tutur Suwartini.

Melalui pelaksanaan IISMA juga, Suwartini berharap ada dampak penguatan sektor pendidikan antara pemerintah Indonesia dan juga Kroasia yang akan sangat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan dan peningkatan SDM di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya menitipkan pesan kepada mahasiswa agar bisa mengikuti studinya di Kroasia dengan baik dan membawa nama baik Indonesia di dunia Internasional, khususnya Kroasia.

“Kesempatan bergabung dengan Program IISMA adalah kesempatan yang patut disyukuri. Salah satu cara mensyukurinya adalah dengan memberikan kemampuan terbaik selama menjalani studi, menjaga perilaku, dan juga tentu saja berusaha belajar sebaik mungkin sehingga adik-adik mahasiswa mendapatkan prestasi akademik yang baik,” terang Rachmat.

Baca Juga :  UNAIR Tempati 4 Besar Kampus Terbaik di Indonesia

Sementara itu, pelaksanaan Program IISMA juga mendapatkan apresiasi dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri (PTDN) yang berperan sebagai pengirim mahasiswa. Rektor Institut Teknologi Nasional Bandung, Meilinda Nurbanasari juga menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan IISMA sebagai media pembelajaran dalam memperkaya kompetensi dan pengalaman kepada mahasiswa.

Program IISMA sendiri pada tahun 2023 ini memberangkatkan sebanyak lebih dari  1900 mahasiswa. Sejak diluncurkan tahun 2021, terdapat lebih dari 20.000 mahasiswa telah mendaftar ke Program IISMA.

Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat diakses melalui laman https://iisma.kemdikbud.go.id/

(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : Satu Dikti
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
1408 Views