Plt. Direktur Belmawa Melepas 15 Awardee IISMA ke University of Birmingham Inggris

Jakarta – Sebanyak 15 awardee penerima beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yang akan belajar selama satu semester ke University of Birmingham Inggris secara resmi diberangkatkan oleh Plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Diktiristek pada tanggal 19 September 2022 pukul 15.30 WIB. Pelepasan ini merupakan pelepasan yang keenam untuk rombongan mahasiswa IISMA yang berada di kawasan Inggris dan Irlandia.

Kegiatan dihadiri secara daring oleh plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Sri Gunani Partiwi, Ketua Program IISMA 2022 Rachmat Sriwijaya, perwakilan perguruan tinggi asal mahasiswa, dan para orang tua awardees, serta 15 orang mahasiswa penerima beasiswa IISMA ke University of Birmingham tahun 2022 yang hadir dari terminal 3 Bandara Soekarno Hatta sembari menunggu proses boarding pesawat.

Pelepasan ini merupakan seremoni rutin yang dilaksanakan oleh IISMA. Pelepasan ini bertujuan untuk memberikan arahan langsung kepada para mahasiswa yang hendak berangkat menuju universitas tujuan masing-masing. Pengarahan yang disampaikan dari berbagai pihak diharapkan menjadi salah satu bekal utama dan pegangan bagi para mahasiswa untuk bisa beradaptasi dan menjalani program dengan baik.

Acara dimulai dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan sambutan dari berbagai pihak yakni plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Perwakilan KUI, Perwakilan Orang tua, Student Representative yang diwakili oleh Alma Delia Sukma dari Universitas Gadjah Mada sebagai perwakilan mahasiswa yang akan berangkat ke University of Birmingham, ucapan selamat jalan dari Ketua Program IISMA, dan pengarahan dari Wakil Ketua Program IISMA.

Baca Juga :  Kick Off Sosialisasi Pertukaran Mahasiswa Kampus Merdeka

Sri Gunani Partiwi menyampaikan bahwa program IISMA adalah program yang semakin dikagumi dan bahkan menjadi impian bagi para mahasiswa untuk bisa ikut serta di dalamnya.

“Kami mengharapkan program ini dapat menjadi momentum bagi para awardees IISMA untuk terus menjaga nama baik Indonesia di negara tujuan karena adik-adik awardees merupakan tumpuan bagi negara Indonesia untuk menjadi pemimpin global kedepannya. Kami harap adik-adik memperoleh pengalaman yang komprehensif di Birmingham, tidak hanya pengalaman akademik tetapi juga membangun jejaring seluas-luasnya dan belajar budaya semaksimal mungkin. Ini merupakan kesempatan yang sangat baik dan merupakan anugerah untuk adik-adik sehingga manfaatkanlah sebaik-baiknya”, pungkasnya.

I Made Andi Arsana, perwakilan perguran tinggi asal mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada mengucapkan selamat kepada para mahasiswa dan memberikan doa terbaik untuk perjalanan belajar mereka ke University of Birmingham. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para orang tua yang telah memberikan dukungan yang luar biasa kepada putra-putrinya, dan mempercayakan mereka kepada program ini.

“Adik-adik sekalian, terima kasih atas kerja keras dan dedikasi selama ini, semoga teman-teman dapat belajar dengan baik dan menjaga nama baik bangsa dan negara, program IISMA, dan kampus asal kalian”, ucap Andi.

Baca Juga :  Jadi Negara Tujuan Favorit, IISMA Kembali Kirim 50 Mahasiswa ke Korea University

Dwi Linna Suswardany, perwakilan orang tua awardee Muhammad Arkan Muhadzib dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, mendoakan agar para mahasiswa cepat beradaptasi dan tidak terkena culture shock dan saat kembali ke Indonesia tidak mengalami reverse culture shock serta bersemangat dalam membangun negeri ini dengan bekal yang telah diperoleh di luar negeri. Alma Delia Sukma, perwakilan mahasiswa berharap semua awardee diberikan Kesehatan dan keselamatan dalam perjalanan serta dapat menimba ilmu yang bermanfaat yang bisa dibagikan ke masyarakat di Indonesia.

Rachmat Sriwijaya, Ketua Program IISMA, meminta para mahasiswa dapat membuat Indonesia bangga kepada mereka. Pelepasan ditutup dengan pesan dari Andi Rahadiyan Wijaya, Wakil Ketua Program IISMA. “Tolong saling mengamati dan menjaga selama studi di luar negeri, karena mungkin kalian akan mengalami benturan budaya, tantangan dengan perkuliahan dan banyaknya penugasan”, ucapnya.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
388 Views