Sembilan Perguruan Tinggi di Surabaya dan Malang Siap Jadi Tuan Rumah ASEAN University Games 2024

Surabaya – Indonesia menjadi tuan rumah ke-32 AUSC (ASEAN University Sport Council) Meeting serta menjadi tuan rumah ke-5 General Assembly ASEAN University Sport Council 2022. Agenda pada pertemuan yang digelar Rabu (7/12) ini, salah satunya melihat persiapan ASEAN University Games (AUG) 2024 yang akan diselenggarakan di Surabaya dan Malang. ASEAN University Games merupakan ajang kompetisi olahraga untuk para atlet dari berbagai universitas ASEAN yang diadakan setiap 2 tahun oleh ASEAN University Sport Council sejak tahun 1981.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti menyampaikan bahwa AUSC memiliki peran yang sangat penting dan strategis untuk masa depan, terutama dalam meningkatkan kerja sama dan mengembangkan minat dan bakat serta prestasi olahraga di kalangan mahasiswa di negara-negara ASEAN. Beberapa mahasiswa di ASEAN telah meraih prestasi tertinggi di bidang olahraga dengan meraih medali di Olimpiade.

“Di Indonesia sebagai contoh, atlet mahasiswa Windy Cantika berhasil meraih medali perunggu di ajang 49 kg Weightlifting Olympic Games 2020 Tokyo, Jepang. Kami juga ingin untuk ke depannya akan semakin banyak atlet dari perguruan tinggi yang bisa meraih medali Olimpiade,” tutur Suharti.

Suharti menambahkan bahwa kontribusi atlet dari perguruan tinggi di Indonesia terhitung sebanyak 30 persen dari atlet peraih medali di Asian Games Jakarta-Palembang 2018. Oleh karena itu, Suharti berharap bahwa ke depan AUSC dapat memainkan peran yang lebih besar dalam mengembangkan kepemimpinan olahraga, meningkatkan kesadaran akan pentingnya kegiatan olahraga untuk meningkatkan kebugaran fisik pada mahasiswa dan kerja sama antaruniversitas untuk pengembangan penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang olahraga di antara negara-negara anggota.

Baca Juga :  MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA MEMULAI SOSIALISASI PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA TAHUN 2022 UNTUK PERGURUAN TINGGI SE-INDONESIA

Pelaksana tugas Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek Sri Gunani Pratiwi yang bertindak sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat BAPOMI (Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia) mengungkapkan bahwa saat ini seluruh delegasi baik dari ASEAN University Sports Council (AUSC) dan delegasi dari federasi anggota AUSC telah melihat kesiapan pelaksanaan ASEAN University Games tahun 2024 di Indonesia.

“Bapak Ibu Delegasi telah melihat fasilitas, sarana dan prasarana dari venue-vanue cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada AUG 2024. Kami menerima masukan, saran dan arahan dari Bapak Ibu delegasi untuk kesiapan kami dalam menjadi tuan rumah ASEAN University Games (AUG) tahun 2024,” ucap Sri.

Sementara itu, AUSC President, Mohd Rusdan Mohd Jailani menerangkan tentang beberapa sejarah yang ditorehkan oleh pemerintah Indonesia dalam menjadi tuan rumah mega sport event. Di antaranya, Indonesia sebagai negara asia pertama yang berhasil menjadi tuan rumah Asian Games 2019 di dua kota besar yaitu Palembang dan Jakarta.

“Pasti akan menjadi experience baru bagi seluruh peserta, apalagi untuk pertama kalinya dalam sejarah AUG akan diselenggarakan di dua kota yaitu Surabaya dan Malang,” ucap Rusdan.

Baca Juga :  Program Pengembangan Laptop Merah Putih sebagai Karya Dalam Negeri “DIKTI EDU”

Rusdan menambahkan bahwa AUSC sebagai salah satu bagian dari federasi olahraga yang paling aktif, akan terus bekerja dengan diskusi serta program olahraga yang menarik dan menghasilkan atlet pelajar yang unggul di antara wilayah Asia Selatan di masa depan.

“Dalam kesempatan ini saya ingin mengajak seluruh keluarga besar AUSC untuk terus mendukung agenda AUSC,” imbuh Rusdan.

AUG 2024 rencananya akan dilaksanakan dari bulan Juli ketika libur semester mahasiswa. AUG 2024 akan digelar di 9 perguruan tinggi di Jawa Timur yang terdiri dari 5 universitas di Surabaya dan 4 universitas di Malang. Universitas yang siap menjadi tuan rumah AUG 2024 antara lain Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Universitas Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Islam Malang. Adapun rencana 18 cabang olahraga yang akan dipertandingkan meliputi Athletic, Tennis, Petanque, Basket 5×5, Basket 3×3, Hand Ball, Futsal, Wushu, Karate, Judo, Taekwondo, Chess, Bridge, Archery, Voli Pasir, Voli Indoor, Badminton, Pencak Silat.

(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1334 Views