Tim Maskot Asian Games Raih Juara 1 UIUX Competition CREATE-IN 2021

Mahasiswa Teknologi Informasi Fakultas Teknik UGM yang beranggotakan Yusuf Helmy Hensyaputra, Dhimas Aji Suryakusuma, dan Amannia Rachmadiva Oktaderina  meraih juara 1 pada UIUX Competition CREATE IN 2021.

Kompetisi ini diselenggarakan secara daring via zoom oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada 23 April 2021.

Tahapan pertama kompetisi ini adalah tahap penyisihan dengan deadline tanggal 10 April 2021, pada tahapan ini peserta harus mengumpulkan proposal berisi studi kasus yang diangkat. Kemudian, 10 tim dengan perolehan nilai tertinggi diumumkan lolos ke babak final yang diselenggarakan tanggal 23 April 2021. Pada tahapan final, peserta mempresentasikan hasil karyanya ke dewan juri dan mengumpulkan video demo dari aplikasinya. 10 finalis terdiri atas tim dari Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Universitas Bina Nusantara, Institut Teknologi Sepuluh November, UIN Syarif Hidayatullah, dan Universitas Telkom.

Baca Juga :  Telkomsel Ikut Mendukung Kegiatan Kuliah Jarak Jauh Mahasiswa UPNVJ Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19

Tim Maskot Asian Games UGM berhasil membuat aplikasi GERAK. GERAK adalah aplikasi yang dapat membantu pengguna untuk membangun kebiasaan berolahraga secara teratur dan menyenangkan. GERAK memungkinkan pengguna untuk membuat target dan jadwal olahraganya. Pengguna juga dapat merekam aktivitas olahraganya yang akan dilakukan sehingga nanti dapat melihat detail hasil aktivitas yang telah dilakukan. Aktivitas olahraga yang dapat dilakukan yaitu bersepeda, berlari, dan workout. GERAK juga dilengkapi fitur gamification untuk meningkatkan engagement dan motivasi pengguna untuk terus berolahraga.

Helmi menjelaskan ia dan tim sangat senang bisa mengikuti kompetisi meskipun terdapat beberapa tantangan dalam melakukan riset secara online. Kondisi pandemi juga membuat anggota tim yang berbeda kota mempunyai kesulitan dalam berkomunikasi.

Baca Juga :  Program Kampus Merdeka Ajak Mahasiswa Indonesia menjadi SDM Kreatif dan Adaptif

“ CREATE-IN ini adalah kompetisi pertama yang kami ikuti dan alhamdulillah berhasil meraih predikat juara. Dari lomba ini jadi lebih terpacu dan semangat untuk belajar lebih dalam tentang UIUX dan terus mengikuti berbagai lomba di tahun hampir terakhir kuliah ini,” terang Helmi, Jumat (7/5).

Tim berharap aplikasi GERAK ini nantinya dapat membantu banyak orang untuk membangun kebiasaan berolahraganya. Olahraga sangat penting untuk dilakukan dan dirutinkan terutama pada kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Penulis: Desy
Sumber: UGM

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1001 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x