Dosen Vokasi UI Gunakan 29 Posyandu Remaja sebagai Promotor dan Pendidik Teman Sebaya untuk Cegah Penularan COVID-19

Dosen Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) program studi Administrasi Rumah Sakit, Badra Al Aufa, MKM bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan mengadakan lokakarya Posyandu Remaja guna mencetak kader remaja selaku pendidik sebaya dan promotor perilaku 3M, sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19.

Lokakarya ini ditujukan bagi para pengelola dan kader yang ada di 29 Posyandu Remaja yang telah ia dirikan sejak tiga tahun yang lalu. Kegiatan lokakarya telah berlangsung pada Jumat, 6 November 2020 secara daring, yang dihadiri oleh kepala puskesmas, dokter koordinator kesehatan keluarga, pemegang program remaja, serta kader remaja yang berasal dari wilayah Kota Tangerang Selatan, dengan total 176 peserta. Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, dr. Alin Hendalin, MKM.

“Remaja dapat aktif terlibat dalam upaya pencegahan dan penanganan COVID-19 di kelurahan setempat. Salah satunya dengan menjalankan 3M secara disiplin yaitu mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan memakai masker. Para kader remaja juga diharapkan mampu menjadi pendidik sebaya terkait masalah kesehatan remaja yang muncul di tengah masyarakat,” ujar dr. Alin Hendalin, MKM.

Ia juga menyampaikan bahwa Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan mengapresiasi kerja sama yang terjalin dengan Program Pendidikan Vokasi UI serta berharap agar dapat dilanjutkan di tahun mendatang dengan program yang lebih baik lagi.

Badra Al Aufa menuturkan, “Lokakarya ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas) Vokasi UI yang telah rutin kami lakukan. Kerja sama pengembangan Posyandu Remaja di Kota Tangerang Selatan sudah berjalan selama tiga tahun, hingga saat ini telah terbentuk 29 Posyandu Remaja. Melalui lokakarya ini diharapkan dapat mengaktifkan kembali kegiatan pelayanan Posyandu Remaja yang sempat terhambat selama masa PSBB COVID-19, tentunya dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.”

Menurut Badra Al Aufa, tujuan utama dari kegiatan ini ialah meningkatkan kapasitas pengelola dan kader dari Program Posyandu Remaja sebagai promotor pencegahan COVID-19.

Para narasumber yang hadir menyampaikan arahan dan materi adalah drg. Wara Pertiwi Osing, MA (Kasubdit Kesehatan Anak Usia Sekolah dan Remaja Kementerian Kesehatan RI) dengan materi bertajuk “Upaya Peningkatan Kesehatan Remaja selama Masa Pandemi COVID-19”. Kemudian, narasumber kedua adalah Dra. Herawati, MA (Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI) dengan materi “Remaja sebagai Promotor Pencegahan COVID-19”. Selain itu, Badra Al Aufa, MKM juga memberikan materi mengenai Strategi Penguatan Posyandu Remaja Kota Tangerang Selatan serta penyusunan rencana tindak lanjut program.

“Seluruh rangkaian kegiatan pengmas kami didukung atas dana hibah dari Direktorat Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat UI,” kata Badra Al Aufa.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
299 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x