REKTOR UNIB JADI PANELIS DEBAT CAWAPRES PERDANA

REKTOR Universitas Bengkulu (UNIB) Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi salah satu dari 11 Panelis Debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) perdana yang akan dihelat di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, 22 Desember 2023.

Sebagaimana dilansir berbagai media massa nasional, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengatakan, ke 11 Panelis Debat Cawapres perdana tersebut terdiri dari para akademisi, birokrat, ekonom dan perwakilan dari organisasi non pemerintah.

Nama-nama kesebelah panelis dimaksud yaitu : 1. Alamsyah Saragih (Anggota Ombudsman RI Periode 2016-2020); 2. Adhitya Wardhono (Ekonom dan Pengajar FEB Universitas Jember); 3. Agustinus Prasetyantoko (Ekonom dan Rektor Universitas Katolik Atma Jaya 2015-aja2023); 4. Fauzan Ali Rasyid (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung); 5. Hendri Saparini (Pendiri dan Ekonom CORE Indonesia); dan 6. Hyronimus Rowa (Wakil Rektor bidang Akademik dan Inovasi IPDN).

Selanjutnya; 7. Poppy Ismalina (Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM); 8. Retno Agustina Ekaputri (Rektor Universitas Bengkulu 2021-2025); 9. Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro); 10. Tauhid Ahmad (Direktur Eksekutif INDEF dan Dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta); serta 11. Yosa Rizal Damuri (Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS.

Baca Juga :  Tim Antasena dan Sapuangin ITS Juarai Kompetisi Pemrograman Internasional

Kesebelas panelis ini akan menjadi tim penyusun pertanyaan untuk debat calon wakil presiden, dengan tema “Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.”

Debat ini sendiri akan diikuti Cawapres Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar, Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan Cawapres Nomor Urut 3 Mahfud MD.

Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri ketika dihubungi Tim Humas UNIB membenarkan dirinya telah ditunjuk dan ditetapkan oleh KPU RI sebagai salah satu panelis untuk Debat Cawapres yang akan dilaksanakan 22 Desember mendatang.

“Benar Mas dan hal ini merupakan suatu kehormatan bagi kita Universitas Bengkulu karena telah diberikan kesempatan untuk berkontribusi dalam pesta demokrasi pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2024,” ujar Dr. Retno yang mengaku sedang berada di Jakarta.

Baca Juga :  Tim Mahasiswa ITS Berjaya di East Java Data Hackathon 2022

Dr. Retno sedang berada di Jakarta tidak hanya terkait dengan penunjukan panelis debat Cawapres tersebut, tapi juga untuk menghadiri acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023 yang dilaksanakan Komisi Informasi Pusat di Istana Wakil Presiden tanggal 19 Desember 2023.

Pada acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023, UNIB sendiri meraih prestasi gemilang dan menjadi salah satu Badan Publik Perguruan Tinggi yang menyandang predikat tertinggi di ajang ini dengan penghargaan BP Perguruan Tinggi Kualifikasi Informatif.

“Alhamdulillah UNIB Kualifikasi Informatif. Jadi, besok kita diundang ke Istana Wakil Presiden untuk menerima penghargaan tersebut,” tutur Dr. Retno, seraya mengatakan, sebagai salah satu panelis untuk debat Cawapres, dirinya akan berupaya maksimal sesuai dengan tugas fungsi yang diberikan.(**)

Kontak person:
PPID & HUMAS UNIVERSITAS BENGKULU

For more Information:


Email: ppid@unib.ac.id/humas@unib.ac.id
instagram: @unibofficial
Tiktok:@unibofficial
Youtube: UNIB TV
Fb: Universitas Bengkulu

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
1376 Views