Untad Laksanakan Monitoring & Evaluasi Program Pertukaran Mahasiswa Permata Merdeka Semester Genap 2020/2021

Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (PERMATA) MERDEKA Untad telah memasuki tahap monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan pada Kamis (27/05/2021) Pagi serta diikuti segenap peserta program secara online maupun offline bertempat di Ruang Media Center Untad lantai II.

Program Permata Merdeka merupakan Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara yang bertujuan membekali mahasiswa dengan komptensi di bidangnya melalui pengambilan mata kuliah di PTN mitra.  Sebanyak 42 PTN bersiap menyelenggarakan pertukaran mahasiswa secara daring yang difokuskan dalam bidang akademik, melalui perkuliahan online di perguruan tinggi tujuan. Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (PERMATA) MERDEKA, memberikan kesempatan kepada mahasiswa pada semester genap ini untuk mengambil hingga 21 SKS di universitas terbaik di seluruh Indonesia.

Dr. Anang M Diah, M.Si.,Ph.D dalam sambutannya menuturkan bahwa  kegiatan ini untuk memantau peningkatan kapasitas pasca peserta mengikuti program PERMATA MERDEKA selama satu semester.

“ Program Permata Merdeka sudah berjalan satu semester. 2 minggu lagi proses untuk menilai hasil belajar. Pada hari ini kita melakukan monitoring yang berlangsung secara virtual pada hari ini. Ada item-item yang berisi pertanyaan untuk mengukur kompetensi dari bapak/ibu dosen. Ada kompetensi dosen, kepribadian, kompetensi sosial dll yang ditanyakan kepada para peserta. Kita juga menanyakan apakah program virtual ini nyaman dan efektif untuk menyerap materi (apakah ada penambahan wawasan, semangat dll). Rencananya program ini masih berlanjut dan pada bulan Juli 2021, ada pendaftaran mahasiswa pertukaran tanah air lintas pulau yang secara fisik mahasiswa akan diberangkatkan dan dibiayai. Semoga pertukaran mahasiswa ini membawa banyak hal positif.” Papar Dr. Anang.

Baca Juga :  Mahasiswa Prodi Seni Pertunjukan Raih Prestasi di Lomba Asosiasi Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan Drama Tari Musik Indonesia

Pada kesempatan yang sama, Dr. Lukman Nadjamuddin, M.Hum selaku Wakil Rektor Bidang Akademik Untad menyampaikan apresiasi sekaligus mengharapkan kepada Mahasiswa agar dapat mendorong motivasi mahasiswa lainnya untuk mendaftar pada program serupa.

“ Tidak terasa program ini telah sampai di ujung perkuliahan. Setelah berakhir, setiap mahasiswa untad yang outbond agar segera mengkonfersi nilainya ke mata kuliah sesuai dengan kurikulum di prodi masing-masing. Selaku Wakil Rektor, turut berbahagia karena mahasiswa telah berpartisipasi di program Permata Merdeka dimana jumlah peserta asal Untad sebanyak 97 org. Harapannya dari waktu ke waktu, semangat mengikuti pertukaran ini agar lebih besar animonya dikalangan mahasiswa. Mahasiswa memang diprogramkan untuk mengambil perkuliahan diluar kampus. Program ini jika menunjukan hasil positif, maka akan dilanjutkan kembali. Selain itu, akan ada juga pertukaran Mahasiswa antar Negara yang sekarang sedang dalam proses seleksi administrasi dan saat ini baru ada 8 orang pendaftar/ mahasiswa untuk negara Inggris dan Amerika. Saya berharap Mahasiswa yang mengikuti program ini dapat menjadi Mahasiswa yang memotivasi Mahasiswa lainnya untuk mengikuti program PERMATA MERDEKA. Apresiasi saya ucapkan kepada semua pihak atas kelancaran program ini.” Ujar Dr. Lukman.

Baca Juga :  ITS Ajak Mahasiswa PMM Mengenal Budaya Majapahit Melalui Modul Nusantara

Usai sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Mahasiswa secara online dan offline usai mengikuti program PERMATA MERDEKA selama satu semester. AA

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
2379 Views