Dukung Inisiatif Dikti, Unpad Bangun Zona Integritas

Siaran Pers
Nomor : 64/Sipers/V/2020

Jakarta – Mendukung inisiatif pemerintah khususnya melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Universitas Padjadjaran (Unpad) menyelenggarakan Pencanangan Zona Integeritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kegiatan tersebut dilangsungkan secara daring pada Selasa sore (19/5).

Hadir pada acara tersebut antara lain Inspektur Jenderal (Irjen) Kemdikbud, Muchlis R. Luddin dan Kepala Biro Ortala Kemdikbud, Mustangimah. Muchlis menyampaikan bahwa terciptanya ZI merupakan penugasan dari Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK). Ia tuturkan dirinya juga senang karena Unpad telah mengambil bagian untuk berpartisipasi dalam hal antikorupsi.

Pada kesempatan tersebut, Muchlis juga memberikan arahannya secara daring. Menurutnya, terdapat empat hal yang perlu diperhatikan dalam membangun ZI, yaitu komitmen pimpinan dan pegawai, program yang menyentuh masyarakat, strategi komunikasi yang baik, serta inovasi dalam hal pelayanan publik.

“Mudah-mudahan Unpad menjadi salah satu pelopor yang menyukseskan ZI, oleh karena itu ZI di tingkat fakultas ini perlu kita dorong,” harapnya.

ZI sendiri merupakan predikat yang diberikan pada instansi pemerintah yang membangun komitmen untuk melakukan reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Setelah terbangunnya ZI yang baik, nantinya Kementerian PANRB dapat memberikan predikat WBK dan WBBM bagi instansi pemerintah tersebut.

Unpad sebagai perguruan tinggi dibawah naungan Kemdikbud menjadi salah satu dari 14 perguruan tinggi negeri (PTN) yang disiapkan oleh Ditjen Dikti untuk membangun ZI pada 2020. Rektor Unpad, Rina Indiastuti mengemukakan bahwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad akan dijadikan contoh yang kemudian akan disusul dengan pembangunan ZI di fakultas-fakultas lainnya.

“Diharapkan dalam lima tahun kedepan, seluruh unit kerja di Unpad sudah membangun ZI sehingga target kami Unpad tidak hanya menjadi PTN terbaik, tapi juga bermanfaat bagi seluruh stakeholder Unpad,” pungkas Rina. (YH/DH/DZI/FH/NH/ALV/ANT)

Humas Ditjen Dikti
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Please follow and like us:
42

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *