Ditjen Dikti Serahkan Hibah Laboratorium BSL-3 untuk Unpad

Bandung – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menyerahkan secara resmi hibah laboratorium berstandar Bio Safety Level 3 (BSL-3) kepada Universitas Padjadjaran. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Barang Milik Negara dari Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Aris Junaidi kepada Rektor Universitas Padjadjaran Rina Indiastuti di halaman Gedung Laboratorium Sentral Universitas Padjadjaran pada Kamis (3/6).

Pada sambutannya, Aris Junaidi mengapresiasi peran luar biasa Laboratorium BSL-3 Unpad dalam upaya turut serta membantu penanganan pandemi Covid-19 melalui pengujian sampel Covid-19. “Bahkan pada Mei 2020, Laboratorium ini tercatat mampu melakukan pengujian 1.000 sampel setiap hari. Kemampuan ini luar biasa sekali”, ujar Aris.

Lebih lanjut Aris berharap bahwa Laboratorium dengan kualifikasi BSL-3 ini mampu dioptimalkan untuk mendukung pengembangan riset-riset unggulan, khususnya riset di bidang herbal dan penelitian penyakit infeksius seperti tuberculosis. Ke depan, laboratorium ini diharapkan mampu menopang hilirisasi produk-produk riset di bidang kesehatan, herbal science maupun farmasi, misalnya sebagai fasilitas tes uji produk.

Baca Juga :  Kampus Mengajar, Pengabdian Penuh Semangat Untuk Belajar Mengajar

Selain itu, fasilitas laboratorium sentral ini diharapkan mampu mendorong peningkatan kualitas dosen maupun peneliti di Unpad. “Harapannya dengan adanya laboratorium ini publikasi dan hilirisasi hasil riset dosen maupun peneliti di Unpad dapat meningkat tajam dan Unpad mampu mencapai target sesuai dengan 8 Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi”, tutur Aris.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Padjadjaran Rina Indiastuti menyampaikan kesiapannya untuk memanfaatkan secara optimal fasilitas laboratorium BSL-3 untuk menunjang kegiatan riset yang dilakukan dosen maupun mahasiswa. Selain itu, Rina menjelaskan bahwa fasilitas laboratorium ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dosen, peneliti, laboran maupun mahasiswa. “Unpad akan optimalkan pemanfaatan fasilitas laboratorium sentral ini”, tegas Rina.

Baca Juga :  Pembekalan Hari Terakhir Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021: Rapat Koordinasi Dosen Pembimbing Lapangan

Selain menyerahkan hibah laboratorium BSL-3 yang dibangun melalui mekanisme PHLN dari Islamic Development Bank (IsDB), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi juga menyerahkan secara resmi berbagai peralatan dan perlengkapan pendukung lainnya.
(YH/DZI/MSF/ADR/FH/NH/DH/SHA)

Humas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.dikti.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Dikti
E-Magz Google Play : G-Magz

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
197 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x