10 Awardee Program IISMA Tahun 2022 diberangkatkan ke Penn State University

Bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, 10 awardee Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2022 diberangkatkan ke Penn State University, Amerika Serikat.

Keberangkatan ini merupakan keberangkatan yang ke empat di kawasan Universitas Amerika-Kanada. Momen keberangkatan kali ini terasa spesial karena bertepatan dengan hari peringatan kemerdekaan Republik Indonesia.

Para awardees merupakan mahasiswa yang terpilih dari berbagai perguruan tinggi terbaik dalam negeri. Mereka akan menempuh studi di Pennsylvania State University selama empat bulan kedepan. Sebelumnya, mereka telah mengikuti proses seleksi yang ketat karena Penn State menjadi salah satu perguruan tinggi yang banyak diminati oleh pelamar dalam Program IISMA tahun 2022 ini.

Ketua Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, meyakini bahwa para awardees akan mampu bersaing dengan mahasiswa terbaik dari Amerika Serikat maupun dari berbagai belahan dunia. “Selain mengikuti kegiatan belajar di perguruan tinggi tujuan, para awardees diproyeksikan untuk mempromosikan budaya Indonesia di Amerika Serikat,” terangnya.

Baca Juga :  Melalui Kampus Merdeka, Dirjen Dikti Tekankan Kampus Ciptakan Lulusan Adaptif dan Kreatif

Lisdar Fauzan Sudarto, selaku Konsul Penerangan, Sosial, dan Budaya KJRI di New York, menyampaikan bahwa diplomasi modern bukan hanya menjadi tugas diplomat, tetapi seluruh warga Indonesia harus terlibat dalam memperkenalkan budaya Indonesia di negara lain.

Tepat sehari sebelumnya, para awardees mengikuti acara pelepasan secara daring yang dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua Program IISMA, Wakil Ketua Pelaksana Kampus Merdeka, Konsul Pensosbud KJRI New York, perwakilan Kantor Urusan Internasional (KUI) perguruan dalam negeri, serta orang tua awardees.

Acara pelepasan ini merupakan kegiatan seremonial rutin tepat sebelum awardees Program IISMA diberangkatkan. Pelepasan ini juga menjadi sarana untuk mengingatkan kembali para awardees tentang tanggung jawab mereka selama mengikuti program mobilitas ini.

Wakil Ketua Program IISMA, Andi Rahardiyan Wijaya, menyampaikan Program IISMA merupakan bentuk investasi yang diharapkan nanti akan menghasilkan output berupa perubahan pola pikir dan perilaku para awardees sebagai warga global menuju ke arah yang lebih baik dan mampu menjadi duta bangsa yang baik. “Tetap jaga norma-norma Indonesia selama di negara tujuan,” ujarnya.

Baca Juga :  Akselerasi Informasi Melalui Kolaborasi Media dalam Membangun Ekosistem Reka Cipta

Dalam kesempatan lain, perwakilan KUI Universitas Airlangga mengapresiasi bahwa program IISMA merupakan kesempatan emas bagi awardees untuk memperluas baik nasional maupun internasional networking.

Acara pelepasan berlangsung dengan antusias, terutama untuk orang tua awardees yang melepas putra-putrinya untuk menempuh perjalanan udara lebih dari 30 jam.

Miau Tjen, selaku orang perwakilan orang tua berpesan kepada para awardees untuk bertanggungjawab atas kepercayaan yang sudah diberikan oleh IISMA yaitu dengan belajar yang baik dan memberikan hasil yang terbaik.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
911 Views