20 Mahasiswa IISMA Berhasil Menyelesaikan Studi di Yale University, Jadi Gelombang Pertama yang Kembali ke Indonesia

Sebanyak 20 mahasiswa peserta Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2023, secara resmi telah menyelesaikan masa studinya di Yale University selama satu semester dan kembali ke tanah air. Kedatangan 20 mahasiswa ini kemudian disambut hangat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) beserta tim pelaksana Program IISMA.

Pengalaman selama mengikuti studi di salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat (AS) ini tentunya menjadi momen berharga bagi 20 mahasiswa yang terpilih melalui seleksi yang panjang. Pengalaman berharga tersebut tidak lepas dari fakta bahwa Yale University merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di AS dan merupakan salah satu dari kelompok Ivy League dan memiliki prestise yang sangat tinggi di kalangan akademisi serta telah melahirkan berbagai tokoh penting.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal (Plt. Dirjen) Diktiristek, Nizam, menyampaikan ucapan selamat kepada mahasiswa yang telah berhasil menunaikan tugasnya sebagai “duta bangsa” yang menampilkan nilai-nilai luhur bangsa di universitas dan negara tuan rumah.

“Tentu ada banyak pengalaman yang sangat baik untuk bisa diceritakan agar nanti menjadi inspirasi kepada teman-temannya di kampus asal,” terang Nizam.

Baca Juga :  UI - Universitas Tokyo Gelar Forum Regional Bahas Dampak Pandemi Terhadap Ekonomi Asia

Nizam juga mengharapkan, mahasiswa bisa memberikan kontribusi bagi Indonesia. Ia menyebutkan contoh praktik baik yang sudah dilakukan alumni IISMA adalah terbitnya buku antologi esai mengenai hubungan diplomatik Indonesia dengan negara-negara di Eropa Timur yang ditulis oleh alumni IISMA 2022 yang belajar di kawasan tersebut selama satu semester.

“Jejak baik ini saya harapkan bisa diteruskan agar cerita baik dari mahasiswa bisa lebih banyak dibaca dan diceritakan kepada masyarakat yang lebih luas,” imbuhnya.

Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, juga menyambut dengan hangat kedatangan mahasiswa IISMA yang belajar di Yale University. Menurutnya, mahasiswa yang berhasil berangkat ke Yale University adalah putra-putri terbaik bangsa yang terpilih untuk belajar di universitas terbaik di AS.

“Bergabungnya Yale University sebagai perguruan tinggi tuan rumah tentu menjadi kebanggaan bagi Program IISMA. Pada tahun ini, 4 dari 8 universitas top AS yang tergabung dalam Ivy League bersedia menjadi tuan rumah. Harapannya, tahun depan kedelapan universitas tersebut bisa menjadi tujuan studi bagi mahasiswa IISMA,” ujar Rachmat.

Baca Juga :  Mahasiswa Jurusan Tari Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta Meraih Juara III Modern Dance Competition

Co-Student Representative (SR) yang menjadi perwakilan mahasiswa IISMA di Yale University, Aditya Manggala, menceritakan bahwa selama menjalani studi, ia dan teman-temannya banyak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga bisa merasa nyaman meskipun harus belajar dan beradaptasi di lingkungan yang baru.

“Pengalaman unik ini membuat dunia kami menjadi jauh lebih besar dan membuat segala kemungkinan menjadi lebih mungkin,” katanya.

Sementara itu, pelaksanaan Program IISMA juga mendapatkan apresiasi dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri (PTDN) yang berperan sebagai pengirim mahasiswa. Direktur Airlangga Global Engagement Universitas Airlangga, Iman Harymawan, menyampaikan bahwa melalui pelaksanaan program IISMA, diharapkan bisa menjadi akselerator dalam mendukung kemajuan Indonesia.

Program IISMA sendiri pada tahun 2023 ini memberangkatkan sebanyak lebih dari  mahasiswa. Sejak diluncurkan tahun 2021, terdapat lebih dari 20.000 mahasiswa telah mendaftar ke Program IISMA dan sebanyak  mahasiswa akademik maupun vokasi telah dikirim ke luar negeri untuk memperkaya  wawasan, dan mengenalkan budaya Indonesia ke berbagai penjuru dunia.

Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat diakses melalui laman https://iisma.kemdikbud.go.id/

(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter/X : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : Satu Dikti
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 3.67 out of 5)
Loading...
2629 Views