Ditjen Diktiristek Ekspos Program Kampus Merdeka di Indonesia International Education and Training Expo 2023

Jakarta – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) hadir dalam perhelatan Indonesia International Education and Training Expo (IIETE) tahun 2023 sebagai ajang promosi dan diseminasi informasi tentang pendidikan tinggi kepada masyarakat.

Koordinator Umum, Kerja Sama dan Humas Ditjen Diktiristek Yayat Hendayana menuturkan kegiatan IIETE mendapatkan apresiasi dan dukungan dari Ditjen Diktiristek karena kegiatan ini adalah wujud dari peran serta dunia usaha dalam rangka turut menyampaikan informasi terkait kebijakan, program dan kegiatan pendidikan tinggi. Dalam sambutannya, Yayat menyampaikan informasi tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi dan mempersiapkan diri menjadi insan pendidikan tinggi yang kompetitif dan relevan dengan kebutuhan global.

Pada kegiatan ini, Ditjen Diktiristek mengekspos berbagai program flagship Kampus Merdeka dari Kemendikbudristek seperti program Praktisi Mengajar, Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA), Kampus Mengajar, Wirausaha Merdeka, dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Menurut Yayat, kegiatan IIETE bernilai strategis dan layak didukung karena memberikan informasi kepada calon mahasiswa khususnya pelajar SMA/SMK/MA mengenai produk-produk pendidikan tinggi seperti program pelatihan; program pendidikan jenjang diploma, sarjana, magister hingga doktor; program profesi; kelas paralel; kelas internasional; dan program pendidikan tinggi kedinasan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Baca Juga :  Kebijakan dan Penelitian Perguruan Tinggi untuk Hadapi Pandemi Covid-19

“Ajang ini juga menyajikan informasi penting lain seperti jadwal penerimaan mahasiswa baru, pendaftaran langsung di pameran, jalur masuk tanpa tes, jalur beasiswa, uang perkuliahan, dan kegiatan kemahasiswaan. Saya mendorong kepada para perguruan tinggi untuk dapat memberikan informasi yang komprehensif dan tepat kepada calon mahasiswa baru, tidak hanya untuk program sarjana tetapi juga diploma, magister, dan profesi,” ungkap Yayat.

Ketua penyelenggara IIETE Sukur Saka mengungkapkan bahwa education training expo menjadi sarana promosi bagi para institusi pendidikan kepada calon pendidik dan tenaga kependidikan Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya. Pameran ini iikuti oleh kampus dan institusi terpilih, dan perwakilan pendidikan luar negeri. Pameran ini bisa terselenggara tidak terlepas dari bantuan dan partisipasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi khususnya Ditjen Diktiristek dan seluruh peserta yang hadir.

Baca Juga :  Freeport & Bank Indonesia Siap Dukung MBKM Mandiri

IIETE sebagai ajang tahunan digelar kembali tahun 2023 ini di Jakarta Convention Center, 16-19 Februari 2023 dengan tema “Never Stop Learning”. Ajang ini merupakan pertemuan berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri, lembaga pelatihan dan stakeholder pendidikan dengan peserta didik dan calon mahasiswa dari kalangan siswa SMA/SMK, guru dan para orang tua siswa.

Kegiatan ini turut melibatkan lebih dari 80 universitas, institusi dan kampus terkemuka di Indonesia maupun mancanegara yang menawarkan kelas kursus dan persediaan kebutuhan pendidikan teknologi. IIETE juga menghadirkan universitas dari 8 negara yakni Austria, Australia, Malaysia, Rusia, Germany, Turki, Singapore, dan Inggris.

Selain itu, turut hadir 30.000 siswa, dosen, pendidik, dan para profesional di bidang akademik. Pameran ini diisi oleh beberapa rangkaian acara mulai dari gelar wicara, lokakarya, sesi berbagi, presentasi produk, dan jumpa sapa (meet and greet).
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
2503 Views