Ditjen Diktiristek Gelar Pertemuan Tahunan Dewan Pengarah Asian International Mobility for Students (AIMS) Programme Ke-8

Yogyakarta – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia menyelenggarakan Pertemuan Dewan Pengarah AIMS Ke-8, dengan Indonesia bertindak sebagai tuan rumah tahun ini di Yogyakarta dari tanggal 3 – 5 Juli 2023. Kegiatan ini menjadi wadah pertemuan rutin para negara anggota AIMS yang terdiri atas perwakilan dari perguruan tinggi dan kementerian pendidikan.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor Universitas Ahmad Dahlan, Rusydi Umar sebagai tuan rumah; Centre Director of SEAMEO RIHED, Mrs. Romyen Kosaikanont sebagai pimpinan Dewan Pengarah; dan Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam sebagai perwakilan Kemendikbudristek Indonesia.

1-43

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam menjelaskan bahwa Pertemuan Dewan Pengarah Ke-8 AIMS ini dapat dimanfaatkan untuk membangun pondasi masyarakat yang lebih terintegrasi dan mendekatkan negara-negara tetangga tanpa hambatan fisik melalui program mobilitas inovatif untuk para mahasiswa.

“Pertemuan ini sangat bermanfaat untuk memperkuat komunikasi dan interaksi dari para negara anggota AIMS dengan tujuan membangun citra para negara anggotanya menjadi ‘rumah kedua’ yang nyaman bagi para mahasiswa untuk mendukung #people to people contact# yang lebih komperhensif di sektor pendidikan tinggi”, ujar Nizam.

Perwakilan dari negara anggota yang terlibat terdiri dari Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Singapura, Thailand, Jepang, dan Republik Korea, dengan Kamboja bertindak sebagai observer pada pertemuan tahun ini. Turut hadir dalam pertemuan ini adalah SEAMEO RIHED (Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Center specialising in Higher Education and Development) sebagai perwakilan Sekretariat SEAMEO yang berpartisipasi aktif dalam memimpin jalannya pertemuan dan memfasilitasi diskusi dari para negara anggota dan peserta.

Baca Juga :  Cegah COVID-19, KAMPUS DIDORONG LAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING

Centre Director of SEAMEO RIHED, Mrs. Romyen Kosaikanont menyambut baik Pertemuan Dewan Pengarah Ke-8 ini, sebagai pertemuan luring pertama setelah tiga tahun masa koordinasi dari para negara anggota harus dilaksanakan secara daring, dampak dari Pandemi COVID-19. “Mari kita jadikan Pertemuan Dewan Pengarah Ke-8 ini sebagai semangat baru dalam menyambut kolaborasi dalam mendukung people to people contact di masa mendatang melalui partisipasi mobilitas mahasiswa dengan program-program inovatif dari para negara anggota AIMS,” ucapnya.

Rusydi Umar, Wakil Rektor Universitas Ahmad Dahlan menyampaikan bahwa Yogyakarta merupakan kota kebudayaan dan pendidikan, dimana 2 dari 14 anggota AIMS University dari Indonesia berada, yaitu Universitas Ahmad Dahlan dan Universitas Gadjah Mada. Dua belas universitas lainnya dari Indonesia yang tergabung dalam AIMS University antara lain Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Seni Indonesia Denpasar, Institut Seni Indonesia Surakarta, Universitas Padjadjaran, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sriwijaya, Universitas Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Bina Nusantara, dan Universitas Maranatha.

Baca Juga :  Ditjen Dikti Tingkatkan Kualitas SDM Pendidikan Tinggi melalui Pemetaan Kemahiran Berbahasa Inggris Bersama IIEF

“Kami berharap, Yogyakarta, kota yang dipenuhi dengan semangat kemajuan pendidikan dan keberagaman kebudayaan, dapat menjadi salah satu pilar dalam mendukung kerja sama dan kolaborasi dari para negara anggota AIMS untuk memajukan sektor pendidikan tinggi”, ujar Rusydi Umar.

Kegiatan ini turut menjadi kesempatan dalam mengkaji progres dari hasil Pertemuan Dewan Pengarah AIMS Ke-7 dan Pertemuan Peninjauan Rutin Program AIMS Ke-16, pemutakhiran informasi dan pembahasan AIMS certificate dari oleh negara anggota, dan isu-isu lainnya terkait keanggotaan AIMS. Pertemuan tahun ini juga menjadi kesempatan dalam meninjau proses keanggotaan Kamboja di AIMS dan keterlibatan di masa mendatang.

Turut dibahas dalam pertemuan ini adalah beberapa subagenda terkait dengan program mobilitas di sektor pendidikan tinggi, yang dilanjutkan dengan diskusi aktifitas AIMS yang terdiri dari AIMS research, AIMS, Orientation, AIMS Alumni Network, AIMS USR, dan SEA-Europe Mobility Programme for Sustainable Development dan pelaksanaan Pertemuan Peninjauan Rutin Program AIMS Ke-17.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
2021 Views