Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) kembali mengirimkan mahasiswa terbaik Indonesia untuk menempuh studi di perguruan tinggi terbaik di luar negeri.

03 September 2022, Jakarta – Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) kembali mengirimkan mahasiswa terbaik Indonesia untuk menempuh studi di perguruan tinggi terbaik di luar negeri. Kali ini, sebanyak 20 awardees yang merupakan mahasiswa dari berbagai kampus terbaik di Indonesia diberangkatkan untuk belajar selama satu semester di Boston University Metropolitan College. Keberangkatan kali ini sekaligus menjadi keberangkatan terakhir ke Amerika Serikat.

Sebelum berangkat, para awardee mengikuti acara pelepasan yang dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua Program IISMA, Plt. Konsul Jenderal dan Konsul Pensosbud KJRI New York, Perwakilan Perguruan Tinggi Dalam Negeri, serta orang tua awardee. Acara pelepasan ini juga menjadi sarana untuk mengingatkan kembali tentang tugas dan kewajiban awardee nantinya selama di negara tujuan.

Rachmat Sriwijaya selaku Ketua Program IISMA dalam sambutannya menyampaikan bahwa para awardee terpilih merupakan mahasiswa dengan intelektual terbaik yang akan belajar di kampus terbaik, sehingga mereka menjadi cermin bagi pendidikan Indonesia. Ia berpesan kepada para awardee untuk bertanggungjawab, tidak hanya terhadap diri mereka,, tetapi juga terhadap orang tua, kampus, terutama terhadap bangsa Indonesia. “Nama bangsa Indonesia melekat pada anda, dan menjadi wajah bagi pendidikan tinggi Indonesia”, lanjutnya.

Ia juga memberikan apresiasi terhadap KJRI New York yang telah membantu dalam menjalin kemitraan dengan universitas-universitas di bawah wilayah kerjanya sehingga wilayah kerja KJRI New York menjadi penymbang perguruan tinggi terbanyak dalam Program IISMA tahun ini. Nantinya selain mengikuti program akademik di Boston University, awardee akan mempromosikan Indonesia dan mengangkat nama Indonesia di pentas global melalui berbagai kegiatan.

Baca Juga :  Kegiatan Sosialisasi Kampus Mengajar di Universitas Cendrawasih

Sementara itu, I Made Andi Arsana, selaku perwakilan perguruan tinggi dari Universitas Gadjah Mada menitipkan para awardee kepada KJRI New York setibanya mereka di perguruan tinggi tujuan. Ia juga berharap para awardee dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dan memberikan perubahan yang baik untuk bangsa Indonesia. Pihak KJRI siap menerima para awardee dengan baik dan terbuka untuk membantu jika awardee menghadapi masalah saat tinggal di dalam wilayah kerja mereka. Plt. Konsul Jenderal Republik Indonesia di New York, Herbanyu A. Noerlambang, juga berpesan kepada para awardee untuk melakukan lapor diri setelah mereka sampai di perguruan tinggi tujuan.

Dalam Pelepasan ini, orang tua para awardee merasa bangga meskipun tidak dapat dipungkiri mereka juga merasa khawatir karena harus berpisah dengan anak-anak mereka dalam waktu yang cukup lama. “Meskipun ada kekhawatiran, kami yakin bahwa program IISMA yang diikuti anak-anak kami akan berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana dengan dukungan dari berbagai pihak seperti KJRI, perwakilan perguruan tinggi, serta tim IISMA”, ungkap Erie Hartono, selaku perwakilan orang tua salah satu awardee.

Baca Juga :  Menumbuhkan Spirit Kewirausahaan Mahasiswa Perguruan Tinggi untuk Pemulihan Ekonomi

Wakil Ketua Program IISMA, Andi Rahardiyan Wijaya, menutup acara pelepasan ini. Ia menyampaikan bahwa semua pihak akan memastikan bahwa para awardee akan berangkat dan pulang bersama, sehat fisik dan mental. Untuk itu, ia berharap para mahasiswa dapat menjaga kekompakan dan saling membantu. Lebih lanjut ia mengingatkan tanggung jawab awardee sebagai duta bangsa.

Keberangkatan penerima beasiswa IISMA ke Boston University akan dibagi menjadi 2 kloter dimana 6 mahasiswa akan berangkat pada tanggal 03 September dan sehari setelahnya 14 mahasiswa lainnya akan menyusul. Mereka akan menempuh perjalanan udara yang jauh selama lebih dari 30 jam. Nantinya mereka dijadwalkan mendarat di Boston Logan International Airport. Perwakilan dari awardee, Dion Manuel Hutabarat, menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah banyak membantu hingga akhirnya kami dapat berangkat. “Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak mengingat banyaknya tantangan yang dihadapi dalam mempersiapkan keberangkatan”, ujarnya.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id FB Fanpage : @ditjen.dikti Instagram : @ditjen.dikti Twitter : @ditjendikti Youtube : Ditjen Diktiristek E-Magz Google Play : G-Magz Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
643 Views