Jadi Negara Tujuan Favorit, IISMA Kembali Kirim 50 Mahasiswa ke Korea University

Korea Selatan menjadi salah satu negara tujuan yang paling diminati, tak hanya untuk wisata, namun juga sebagai tempat untuk menimba ilmu. Hal ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa yang mendaftar Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dengan pilihan negara tujuan ke Korea Selatan. Pada 18 Agustus 2022, IISMA melepas sejumlah 50 mahasiswa yang akan mengikuti perkuliahan selama satu semester di Korea University.

Dalam acara pelepasan ini turut hadir Ketua dan Wakil Ketua Program IISMA, Perwakilan Perguruan Tinggi Dalam Negeri, serta orang tua awardee. Gogot Suharwoto selaku Atdikbud KBRI Seoul juga menyambut dengan hangat kedatangan para mahasiswa ke Korea Selatan.

Rachmat Sriwijaya selaku Ketua program IISMA dalam sambutannya berpesan kepada para awardee untuk selalu kompak dan saling mendukung satu sama lain. “Anda harus selalu kompak dan saling mendukung. Walaupun berasal dari latar belakang yang berbeda, namun sekarang kalian sudah menjadi keluarga besar IISMA di Korea University, dan besok akan menjadi keluarga besar IISMA Alumni Club,” paparnya. Ia menambahkan supaya para awardee menggunakan kesempatan istimewa ini untuk mempelajari hal-hal baik serta mempromosikan Indonesia ketika berada di Korea. Seperti kita tahu, bisnis dan industri hiburan di Korea Selatan saat ini sangatlah maju dan telah mendunia. Sebagai mahasiswa pilihan, harapannya melalui apa yang mereka pelajari di Korea, para awardee ini dapat memberikan kontribusi bagi Indonesia.

Baca Juga :  Membangun Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri melalui Kedaireka

Sementara itu, F. Astha Ekadiyanto, Kepala Center for Independent Learning Universitas Indonesia, sebagai perwakilan KUI mengungkapkan pentingnya pengalaman global. “Korea merupakan negara maju dan Korea University juga berada pada posisi top 100 QS World University Ranking. Ini merupakan pengalaman yang menarik untuk bisa belajar dan menjalin networking,” ungkapnya. Ia berharap para awardee bisa membawa pengaruh bagi universitas masing-masing sebagai penghubung dengan para profesor di sana.

IISMA merupakan program prestise yang memberikan kesempatan luar biasa bagi mahasiswa Indonesia. Hal ini diakui oleh Aser Rihi Tugu selaki perwakilan orang tua para awardee. “Kalian adalah bagian dari program terbaik. Tunjukkan pada kampus tujuan dan masyarakat Korea bahwa kalian adalah mahasiswa pilihan melalui perilaku jujur, tertib, disiplin, dan perilaku baik dalam relasi dengan orang-orang yang kalian temui. Buatlah orang tua dan bangsa Indonesia bangga,” pesannya lebih lanjut.

Menutup acara pelepasan, Andi Rahardiyan Wijaya selaku Wakil Ketua Program IISMA menekankan supaya para awardee saling mendukung dan melaksanakan program dengan penuh tanggung jawab. “Selain berangkat bersama pulang bersama, berangkat sehat fisik dan mental, pulang sehat fisik dan mental. Kalian adalah investasi negara. Kalian diharapkan kembali ke Indonesia dengan membawa perubahan mindset. Hal-hal yang baik dibawa dan ditularkan,” tuturnya.

Baca Juga :  Program Bangkit : Kolaborasi Kampus Merdeka dengan Google, Gojek, Tokopedia, Traveloka Resmi dimulai Hari Ini

Dari total 50 awardee yang berasal dari 22 perguruan tinggi di Indonesia, 45 di antaranya melakukan penerbangan pada 18 Agustus 2022 dan tiba di Korea pada 19 Agustus 2022. Sementara itu, lima awardee lainnya belum dapat berangkat bersama rombongan dikarenakan terpapar Covid-19. Meskipun demikian, mereka diharapkan dapat segera menyusul beberapa hari ke depan. “Apresiasi untuk semangat teman-teman, baik yang di bandara maupun yang di rumah yang akan menyusul beberapa hari lagi. Kami siap menyambut keberangkatan kami ke Korea,” ungkap Muhammad Bijaksabara Hikmawan selaku Student Representative para awardee IISMA untuk Korea University.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)
Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
1320 Views