Klasterisasi Perguruan Tinggi Berbasis Kinerja Penelitan dan Pengabdian kepada Masyarakat, DRTPM Ditjen Diktiristek Gelar Sosialisasi Science and Technology Index (SINTA)

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi melalui Direkorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) bekerjasama dengan Universitas Prima Indonesia menggelar Sosialisasi Science and Technology Index (SINTA) versi terbaru pada tanggal 2 Agustus 2022 di Medan. Sosialisasi dihadiri oleh 120 orang verifikator LPPM SINTA dari perguruan tinggi wilayah Sumatera Utara.

Rektor Universitas Prima Indonesia, Prof. Dr. Chrismis Novalinda Ginting, M.Kes dalam sambutannya menyebut kegiatan ini adalah hal yang paling ditunggu oleh perguruan tinggi. “Peserta sosialisasi dapat menjadi perpanjangan tangan DRTPM untuk melalukan pembaharuan data di SINTA bagi dosen di perguruan tingi masing-masing”, harap Chrismis Novalinda.

Koordinator jurnal dan publikasi Ilmiah yang mewakili Direktur DRTPM, Yoga Dwi Arianda menjelaskan bahwa sosialisasi ini sebagai tindaklanjut surat pemberitahuan Direktur DRTPM tentang pemutakhiran data di SINTA yang akan digunakan sebagai acuan penentuan klasterisasi perguruan tinggi berbasis kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta rekrutmen reviewer penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,

Baca Juga :  Implementasi Kampus Merdeka untuk Kampus Pariwisata

Lebih lanjut Yoga menyebut SINTA akan digunakan untuk penilaian kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh karena itu diperlukan pemutakhiran data SINTA.

Selama sosialisasi disajikan materi pengenalan fitur SINTA, pemutakhiran profil author, identifikasi jurnal nasional dan internasional serta pemutakhiran data penelitian, pengabdian masyarakat, produk/prototipe dan kekayaan intelektual. Narasumber sosialisasi terdiri dari Imam Much. Ibnu Subroto (Unissula), Sam Farisa Chaerul Haviana (Unissula) dan Ali Bardadi (Unsri). Antusiasme peserta terlihat cukup tinggi dengan banyaknya diskusi tanya jawab yang di moderatori oleh verifikator koordinator wilayah (verfikator korwil), Hendra Irawan dari LLDIKTI wilayah 1.

(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Baca Juga :  Dirjen Dikti: Dosen Harus Jadi Penerang bagi Mahasiswa dan Masyarakat demi Kemajuan Daerah

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
4884 Views