Program IISMA di Italia dalam International Staff Mobility Week Eropa

Siaran Pers
Nomor : 92/Sipers/X/2022

Padua Italia – Indonesian International Students Mobility Award (IISMA) mendapatkan kesempatan diundang sebagai keynote speaker dalam kegiatan International Staff Mobility Week oleh University of Padua, salah satu perguruan tinggi mitra IISMA di kawasan Eropa. Hadir memberikan presentasi sebagai perwakilan IISMA adalah Dian Sari Utami selaku Koordinator Kawasan Eropa dalam Program IISMA.

International Staff Mobilty Week yang dilaksanakan pada tanggal 12-14 Oktober 2022 ini dihadiri oleh kurang lebih 30 peserta perwakilan dari berbagai konsorsium Mobilitas Internasional di wilayah Eropa dan Inggris. Beberapa perguruan tinggi mitra IISMA 2022 juga turut hadir, antara lain KU Leuven, University of Zagreb, dan University of Limerick. Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi praktek baik kegiatan mobilitas internasional secara global. International Mobility Staff Week dibuka secara resmi oleh Cristina Basso, Vice-Rector for International Relations, University of Padua. Dalam sambutannya, pertemuan ini sangat penting sebagai media untuk bertemu, berdiskusi dan bertukar informasi praktek-praktek terbaik dari bentuk-bentuk mobilitas internasional di berbagai perguruan tinggi Eropa, Australia, dan Indonesia. Cristina Basso mengatakan, “Pertemuan international mobility staff week ini sangat penting sebagai media bertemu, berdiskusi dan bertukar informasi praktek-praktek terbaik dari bentuk-bentuk mobilitas internasional di berbagai perguruan tinggi Eropa, Australia, dan Indonesia.”

Dalam kegiatan tersebut, perwakilan IISMA menyampaikan presentasi “Global perspectives on international study abroad programs: Indonesian International Students Mobility Award”. Selain Indonesia, hadir juga perwakilan dari European Commission, Erasmus+ Project, Monash University, The University of Sydney, Forthem Alliance, Civis Alliance, Arqus European University, Justus-Liebeig University Giessen Germany, Support Center Inclusive Higher Education, Venice International University, serta University of Padua sebagai tuan rumah.

Baca Juga :  Telkomsel Ikut Mendukung Kegiatan Kuliah Jarak Jauh Mahasiswa UPNVJ Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19

Berbagai bentuk Mobilitas Internasional yang dijalankan di Eropa dengan pembiayaan dari Erasmus+ dan Uni Eropa memberikan inspirasi untuk pengelolaan dan pengembangan sistem Mobilitas Internasional yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dengan dukungan pendanaan dari LPDP seperti Program IISMA. Disampaikan lebih lanjut oleh Dora Logoni, Head of International Relations, University of Padua, selaku moderator bahwa IISMA memberikan inspirasi dengan konsep “emancipated learning” atau Merdeka Belajar yang dapat diadopsi untuk program mobilitas internasional di Eropa. Di akhir sesi, perguruan tinggi mitra IISMA memberikan apresiasi tinggi terhadap Program IISMA yang dilaksanakan di perguruan tinggi para mitra. Seluruh IISMA awardees di perguruan tinggi tersebut dinilai excellent dan luar biasa dalam hal sikap, relasi sosial, dan kompetensi akademik. “IISMA memberikan inspirasi dengan konsep Merdeka Belajar yang dapat diadopsi untuk program mobilitas internasional di Eropa”, ucap Dora Logoni.

Dalam kegiatan tersebut, perwakilan IISMA juga bertemu dengan seluruh IISMA awardees di University of Padua yang berjumlah 35 orang. Saat diskusi, beberapa awardees menyampaikan tantangan dalam penyesuaian diri selama tinggal di sana. Namun demikian, pihak universitas memberikan dukungan terutama akomodasi yang saat ini tidak mudah diperoleh. Selanjutnya, perwakilan IISMA juga bertemu dengan perguruan mitra IISMA di Roma dan juga awardees di University of Sapienza dilanjutkan dengan hadir memenuhi undangan pertemuan masyarakat Indonesia di Italia dari KBRI Roma bersama IISMA awardees.

Baca Juga :  Kampus Merdeka Tawarkan Pengembangan Kompetensi dan Karir bagi Dosen

Pertemuan Masyarakat Indonesia yang diisi sarasehan oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Dr. Petrus R. Golose dan tim BNN dengan tema “Membangun Generasi Muda Indonesia Bebas Narkoba”. Dalam kegiatan ini, beberapa IISMA awardees kritis memberikan pertanyaan berkaitan dengan peran pelajar Indonesia di luar negeri dan hukum yang berlaku jika terjadi penyalahgunaan narkoba. Acara ini ditutup dengan makan malam bersama Ibu Agnes Rosari Dewi selaku Sekretaris Kedua dari KBRI Roma, yang juga menjadi narahubung IISMA awardees di Italia.

Ketua Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, mengatakan, “Diundangnya IISMA dalam dalam kegiatan Interntional Staff Mobility Week ini menunjukan bahwa program IISMA telah diakui oleh komunitas akademik internasional sebagai salah satu program mobiltas internasional mahasiswa yang memiliki keunggulan global”.

(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
460 Views