Siapkan Karier Masa Depan melalui Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat

Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) saat ini tengah membuka pendaftaran program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Angkatan 5. MSIB merupakan salah satu program unggulan dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa di dunia profesional.

Setelah diselenggarakan sebanyak 4 angkatan, program MSIB telah menghadirkan segudang manfaat bagi para pesertanya. Wachyu Hari Haji, Kepala Program MSIB 2023, mengungkapkan bahwa adanya program MSIB memiliki dampak yang sangat positif, salah satunya bisa menambah pengalaman kerja para peserta. Melalui program ini, mereka bisa mendapatkan gambaran nyata suasana kerja di suatu perusahaan.

“Saya yakin program yang dibuat sangat baik dan akan memberikan pengalaman kerja bagi Anda. Pada program MSIB ini, sejatinya mitra mencari karyawan untuk kerja di perusahaan mereka dan program ini membuka kesempatan untuk mendapatkan gambaran nyata terkait bagaimana bekerja di perusahaan tersebut,” ujar Wachyu saat Sosialisasi MSIB Angkatan di kanal YouTube Ditjen Diktiristek, Senin (30/5).

MSIB Angkatan 5 menggandeng perusahaan dari berbagai bidang untuk menjadi mitra. Melalui keikutsertaan pada program ini, selain mendapat pengalaman, para peserta juga bisa memulai persiapan perjalanan kariernya di masa depan.

Ayu Shagiira Rahmatika selaku Officer University and Student Engagement MSIB menambahkan lewat MSIB mahasiswa juga berkesempatan mendapatkan tiket emas untuk menjadi karyawan tetap di perusahaan mitra MSIB.

Baca Juga :  Susun Peraturan Baru, PTN Akan Kelola PPID Sendiri

“Berbagai cerita telah disampaikan oleh alumni program MSIB Angkatan 1 sampai dengan 3 yang memiliki kinerja baik saat menjalankan MSIB di mana mereka langsung direkrut oleh mitra untuk menjadi karyawan,” ujar Ayu.

Mendukung pernyataan Ayu, Febri Hari Natoro selaku perwakilan Stechoq Robotika Indonesia sebagai salah satu mitra MSIB Angkatan 5, mengungkapkan adanya kesempatan emas bagi para peserta MSIB untuk menjadi bagian tetap dari mitranya di dalam maupun luar negeri.

“Kami akan mempromosikan karier teman-teman peserta MSIB ke mitra kami yang berjumlah lebih dari 200. Selain itu, terdapat juga golden ticket untuk menjadi karyawan Stechoq. Saat ini terdapat beberapa alumni yang menjadi karyawan di mitra Stechoq di dalam dan luar negeri,” ujar Febri.

Senada, Fauziah selaku perwakilan dari PT Arkatama Multi Solusindo juga menekankan bahwa program MSIB sejatinya menjadi salah satu sarana dalam mempersiapkan calon SDM yang nantinya akan menjadi bagian dari perusahaan. Maka dari itu, melalui MSIB para peserta memiliki peluang yang sangat besar untuk bisa menjadi bagian tetap perusahaan.

“Bagi peserta yang berminat menjadi bagian dari Arkatama, program MSIB menjadi wadah perusahaan untuk menyiapkan calon pegawai Arkatama. Sejauh ini, sudah ada lima orang peserta magang MSIB yang direkrut menjadi karyawan, ucap Fauziah.

Baca Juga :  Freeport & Bank Indonesia Siap Dukung MBKM Mandiri

Pada kesempatan ini, mitra MSIB Angkatan 5 yang bergerak di bidang teknologi dan kreatif, PT Suitmedia Kreasi Indonesia juga mengungkapkan manfaat positif yang bisa didapatkan oleh peserta MSIB berupa kemudahan mendapat pekerjaan di kemudian hari.

“Setelah lulus dari program MSIB, jarak pencarian pekerjaan peserta MSIB akan lebih sedikit daripada mahasiswa yang tidak mengikuti MSIB karena para peserta MSIB sudah memiliki network saat menjalankan program magang,” tutur Zahra sebagai perwakilan Suitmedia.

Di sisi lain, PT Nestle Indonesia menyampaikan bahwa keikutsertaan pada program MSIB memungkinkan mahasiswa untuk membangun networking yang sangat penting dalam proses membangun karier di masa depan.

“Melalui program MSIB, para peserta bisa membangun networking dalam rangka mengejar karier setelah lulus dari perguruan tinggi. Dalam hal ini, banyak peserta MSIB PT Nestle Indonesia batch sebelumnya yang masih terkoneksi dengan mentor dan kembali bekerja di perusahaan ini setelah lulus kuliah,” ujar Arya sebagai perwakilan PT Nestle Indonesia.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1781 Views