435 Mahasiswa Unsri Ikuti KKN Tematik di 4 Kabupaten

Universitas Sriwijaya (Unsri) melepas sebanyak 435 mahasiswanya untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) ke-98 yang tersebar di 4 Kabupten Provinsi Sumatera Selatan (Prov Sumsel) yakni, Ogan Ilir (OI), Ogan Komering Ilir (OKI), Muara Enim (ME), dan Lahat. KKN Tematik yang diberi tema “Mahasiswa Mengabdi dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka” ini akan dilaksanakan dari tanggal 12 Juni sampai dengan 21 Juli 2023. Mahasiswa KKN Tematik tersebut dilepas secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Unsri, Prof. Dr. Ir. M. Said, M.Sc. bertempat di Halaman Graha Sriwijaya Unsri Bukit Besar Palembang, Senin (12/06/2023).

Dalam arahannya Prof. Said mengatakan bahwa KKN atau yang dikenal dengan kuliah kerja nyata ini merupakan salah satu kegiatan yang ada di program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) “Kegiatan magang di industri, magang di perusahaan ataupun penelitian di berbagai perusahaan itu merupakan bagian dari merdeka belajar dan KKN ini merupakan kegiatan yang membangun desa yang langsung bersentuhan dengan masyarakat,” Ujarnya. 

Baca Juga :  FKM UI dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia DKI Jakarta Susun PARC-19 Sebagai Strategi Perang Total Hadapi COVID-19

Prof. Said menerangkan bahwa KKN ini sudah ada di dalam kurikulum setiap program studi walaupun ada juga program studi yang menggunakan KKN sebagai mata kuliah pilihan tetapi sangat dianjurkan dan ada beberapa program studi yang wajib harus KKN seperti FKIP, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Pertanian.

Ia berpesan kepada mahasiswa yang mengikuti KKN Tematik agar nanti ada kontribusi membangun desa di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Selain itu agar mematuhi dan menerapkan aturan – aturan yang ditegakkan oleh universitas. “Rektor dari dulu menggaungkan universitas yang unggul dan berakhlak mulia jadi kita sebagai mahasiswa harus menjaga jangan sampai nanti saya dapat kabar banyak masalah yang ditimbulkan. Harus menjunjung tinggi kata pepatah itu di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung jadi artinya kalau kita orang Palembang nanti misalnya di Lahat kita harus mengenal dulu bagaimana tradisinya jangan mengeluarkan kata-kata yang menyakitkan, jadi harus dijaga hubungan dan menghormati adat istiadat yang berlaku di tempat KKN nanti. KKN ini tidak hanya melengkapi 4 SKS Merdeka Belajar 2 bulan kita habiskan waktu saja, usahakan ada kontribusinya,” pesannya.

Baca Juga :  Ahli Biologi IPB University Beri Kuliah Singkat pada Para Guru Biologi/IPA Se-Indonesia

Sementara itu, Ketua lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Unsri, Samsuryadi, S.Si., M.Kom., Ph.D. menyebutkan KKN Tematik ini merupakan angkatan ke-98 dan ada 5 Fakultas yang mengikuti KKN yaitu FKIP sebanyak 71 orang, FISIP sebanyak 158 orang, FK sebanyak 85 orang, FP sebanyak 114 orang, dan FMIPA sebanyak 17 orang.

“Jumlah mahasiswa yang mengikuti KKN sebanyak 435 Mahasiswa yang terdiri dari 124 orang laki-laki dan 311 orang perempuan. Sementara dosen pembimbing lapangan (DPL) sebanyak 17 orang. Untuk mengantar keberangkatan mahasiswa tersebut, Unsri menggunakan 18 unit bus. Pemberangkatan peserta dilaksanakan sekaligus pada tanggal 12 Juni 2023 sedangkan untuk penjemputan mahasiswa KKN Tematik rencananya tanggal 21 Juli 2023,” kata Samsuryadi. (Humas_Unsri)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
774 Views