Fakultas Vokasi ITS Integrasikan Mahasiswa dengan Industri 4.0

Potret mahasiswa Fakultas Vokasi (FV) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) saat mendemonstrasikan prototipe di gelaran pameran Aplikasi Teknologi Cerdas (ATC) untuk melatih mahasiswanya dalam menghadapi dunia industri 4.0

Kampus ITS, ITS News — Perkembangan teknologi di dunia semakin nyata dan cepat. Berbagai praktisi keilmuan juga terus mengintegrasikan dunia keilmuan ke dalam teknologi. Melihat hal tersebut, Fakultas Vokasi (FV) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) gelar pameran dengan menyiapkan mata kuliah Aplikasi Teknologi Cerdas (ATC) untuk melatih mahasiswanya menghadapi dunia industri 4.0.

Dalam pameran ini, Koordinator Mata Kuliah ATC, Dr. Berlian Al Kindhi S ST MT, menjelaskan bahwa acara tersebut merupakan latihan yang berharga bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu bidang mereka ke dalam teknologi 4.0. Para mahasiswa dari berbagai departemen di FV, dengan dedikasi dan kecerdasan mereka, memberikan solusi konkret untuk permasalahan dalam bidang studi mereka yang kemudian diimplementasikan dalam bentuk teknologi yang nyata. 

Baca Juga :  Tuntaskan Permasalahan Sampah, ITS Olah Sampah menjadi Ekoenzim

Bertempat di Plaza Kampus Kota, Khindi mengungkapkan, pameran ini juga menjadi momen penting untuk mengevaluasi pemahaman mahasiswa menjelang akhir semester. Oleh karena itu, mahasiswa dibagi menjadi kelompok-kelompok dari setiap departemen dan kelas. Namun, hanya kelompok terpilih yang diberi kesempatan untuk menampilkan karya mereka melalui stand pameran. Selain itu, sebagian dari mereka juga memperlihatkan video, website, katalog, serta purwarupa contoh produk.

Lebih lanjut, para mahasiswa FV ditargetkan untuk mengerjakan tugas sejak minggu pertama perkuliahan hingga sekarang.  Dengan jam terbang yang cukup panjang, menurut Khindi, karya-karya dari mahasiswa sangat variatif dan unik. “Misalnya Program Studi Teknik Rekayasa Bangunan Air, penerapan mata kuliah ATC adalah untuk memberikan solusi permasalahan pada banjir atau saluran irigas”, contoh Khindi.

Potret mahasiswa Fakultas Vokasi (FV) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) saat presentasi prototipe di gelaran pameran Aplikasi Teknologi Cerdas (ATC)

Di lain sisi, para dosen dari masing-masing departemen juga sangat mendukung akan mata kuliah ini. Hal tersebut dikarenakan anggapan para mahasiswa yang tidak jarang memberikan ide-ide unik dan layak diteliti lebih lanjut. Khindi sendiri mengaku telah berkali-kali untuk turut mengajak mahasiswa dari mata kuliah ini atas idenya untuk diteliti lebih dalam dan diajukan ke ajang perlombaan  atau konferensi. 

Baca Juga :  Peneliti ITS Konservasikan Bangunan Bersejarah Berbasis VR

Terakhir, dosen Departemen Teknik Elektro Otomasi ini menegaskan kembali bahwa mata kuliah ini berfokus untuk membantu mahasiswa untuk persiapan di industri 4.0.  Sedangkan untuk pameran, tentunya ditargetkan untuk menunjukkan kepada khalayak ramai bahwa mata kuliah ATC merupakan penciri FV sendiri. 

Menurut Khindi, mata kuliah ini juga bertujuan untuk menyelaraskan langkah dengan visi misi peran Vokasi ITS dalam pengabdian masyarakat. Serta, menumbuhkan minat mahasiswa lebih dalam. “Kami berusaha menyelaraskan arah studi dengan misi FV ITS dalam aspek penelitian dan industri,”  tegas Khindi. (HUMAS ITS)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 3.33 out of 5)
Loading...
2069 Views