FIK UI Beri Pelatihan Konseling bagi Perawat Pasien dengan HIV/AIDS untuk Tingkatkan Kepatuhan Minum Obat

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) menyelenggarakan rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat (pengmas) berupa konseling CEMARA (Counseling Minum Obat Antiretroviral Terapi) yang ditujukan kepada perawat yang merawat pasien HIV/AIDS. Kegiatan ini merupakan bagian dari pengmas sivitas akademika UI dengan skema Praktik PPM di lapangan, yang melibatkan para dosen dan mahasiswa spesialis Imunologi FIK UI.

Kegiatan pengmas konseling CEMARA diketuai oleh Sri Yona, SKp, MN, PhD (Dosen FIK UI) dengan tim Ns. Liya Arista M.Kep., Sp.Kep.MB (Dosen FIK UI) dan para mahasiswa Spesialis keperawatan medikal bedah peminatan Imunologi HIV, yaitu Reineldis Gerans M.Kep., Nancy Dida M.Kep., Novi Pampalia M.Kep., dan Khumaidi M.Kep.

Sebanyak empat perawat yang menangani pasien HIV di Palembang, dan dua perawat bagi pasien HIV di Kupang terlibat aktif dalam pelatihan. Dari enam perawat tersebut, mereka telah mengimplementasikan program CEMARA pada pasien ODHA sebanyak 24 pasien selama 2 minggu. Berdasarkan hasil evaluasi tingkat kepatuhan pasien, terlihat peningkatan tingkat kepatuhan pasien. Sementara itu, dari hasil survei percaya diri, terlihat peningkatan rasa percaya diri perawat setelah terlibat dalam program konseling CEMARA.

Baca Juga :  ITS Ciptakan Robot Ventilator Murah Bantu Penanganan Pasien Covid-19

Menurut Sri Yona, pengobatan Human Immunodeficiency Virus (HIV) berlangsung seumur hidup dan dibutuhkan komitmen yang kuat dari berbagai pihak termasuk kepatuhan minum obat bagi orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Tantangan yang ada di depan mata adalah rendahnya tingkat kepatuhan ODHA dalam meminum obat Antiretroviral Terapi (ART) sehingga akan mengurangi efek optimal dari ART dalam meminimalkan replikasi virus HIV di dalam tubuh ODHA.

Untuk itu, Sri Yona dan tim melakukan upaya memberikan pelatihan kepada para perawat agar mampu memberikan konseling kepada ODHA, dengan tujuan akhir yaitu meningkatkan kepatuhan minum obat ART bagi ODHA. Kegiatan ini diawali dengan sesi awal berupa sesi pemberian materi dasar tentang konsep dasar tentang HIV, terapi ART dan konsep kepatuhan minum obat. Sesi kedua meliputi pemberian materi konsep dasar konseling ART, serta booster materi HIV/AIDS yang  telah disampaikan di sesi awal, serta diskusi hambatan minum obat ART dan solusinya. Sesi ketiga, berupa evaluasi diri perawat setelah menerapkan materi konseling ke pasien ODHA, serta tingkat kepatuhan pasien minum obat setelah diberikan konseling oleh perawat.

Baca Juga :  Akademisi UI Berikan Pendampingan untuk Pemulihan Usaha Mikro di Banten

Kegiatan ini telah dilaksanakan selama bulan Mei-Juni 2020. Menurut Sri Yona, “Kami berupaya untuk menerapkan program konseling terstruktur bagi perawat sebagai upaya untuk meningkatkan kepatuhan minum ART bagi pasien yang dirawat oleh perawat. Program konseling ini terbukti mampu meningkatkan tingkat pengetahuan perawat tentang HIV/AIDS, serta rasa percaya diri perawat dalam memberikan konseling kepada pasien ODHA. Bagi ODHA, program CEMARA ini mampu meningkatkan tingkat pengetahuan pasien akan HIV/AIDS, serta mampu meningkatkan kepatuhan minum obat ART.”

Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR

Kepala Biro Humas dan KIP UI

Media contact: Egia Etha Tarigan, S.Sos, MM (Media Relations UI, humas-ui@ui.ac.id ; 08151500-0002)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
528 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x