Film “Jogja, Kamu dan Rindu” Kerjasama ISI Yogyakarta dan Badan Otorita Borobudur

Pada 20 Oktober 2022 telah diselenggarakan launching series film pendek “Jogja, Kamu & Rindu” di CGV Hartono (Pakuwon) Mall Yogyakarta. Film pendek yang menampilkan wisata 5 kabupaten / kota DIY ini, diproduksi  Badan Otorita Borobudur (BOB) bekerjasama dengan  Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta.  Film ini dibuat dalam upaya meningkatkan Brand Awarenes terkait potensi Daya Tarik Wisata (DTW) dan kegiatan serta produk Ekonomi Kreatif (Ekraf) di Yogyakarta. Film yang bertajuk Pariwisata di Destinasi Pariwisata Nasional (DPN) Borobudur – Yogyakarta dan sekitarnya ini menampilkan kekayaan atau potensi potensi yang ada di seluruh provinsi DIY.

Informasi wisata 5 kabupaten/kota DIY film pendek ini dikemas dalam bentuk film cerita. “Jogja, Kamu & Rindu” adalah kisah tentang seorang novelis yang melakukan perjalanan riset di Yogya, hidupnya berubah saat bertemu seorang travel vloger yang sedang membuat konten di Yogya.

“Jogja, kamu dan Rindu” terdiri dari 5 episode yaitu “Pertemuan”, “Mencari Bayangmu”, “Takdir”, “Bukan Dia” dan “Healing”. Lokasi cerita tiap episode mewakili lokasi wisata dari 1 kabupaten. Film ini dibuat untuk mengenalkan masyarakat pada lokasi wisata baru yang masih belum populer. Selain tempat wisata ditampilkan juga kuliner dan craft unggulan tiap kabupaten.

Baca Juga :  Mahasiswa UI Rancang Aplikasi Teman Tuli, Teman Dengar Untuk Tingkatkan Layanan KRL Commuter Line

Episode 1 “Pertemuan” menampilkan program wisata baru kota Yogya yaitu Jalur Monalisa. Ini adalah tawaran wisata sepeda melewati 5 jalur di kota. Jalur tersebut adalah, jalur 1 (Romansa Kota Lawas), jalur 2 (Tilik Jeron Benteng), jalur 3 (Jajah Kampung Susur Sungai), jalur 4 (Jelajah Harmoni Pesona Kampung) dan jalur 5 (Taman Pintar, Taman Budaya).

Episode 2 “Mencari Bayangmu” menperkenalkan beberapa destinasi tujuan wisata kabupaten Sleman yang dikenal dengan sport tourism. Tempat tersebut adalah Bungker Merapi, Candi Barong, Desa Kerajinan serat alam Ngamplong, Nawang Jagat, Kaliurang Explore dan Candari.

Episode 3 “Takdir” mengangkat tema wisata sejarah “Bantul Bumi Mataram”. Lokasi film ada di Situs Pleret, Situs Kerto, Singasaren, Situs Watu Gilang, Makam Imogiri, pengrajin keris, pengrajin perak, pengrajin wayang beber dan kuliner wedang uwuh Imogiri.

Baca Juga :  Mahasiswa IAAS LC IPB University Berikan Edukasi Pertanian di Panti Asuhan

Episode 4 “Bukan Dia” mengusung wisata Kabupaten Kulon Progo yang bertema Sambanggo. Tempat wisata yang dijadikan lokasi cerita adalah Bendungan Khayangan, Gua Kiskenda, Kebun Teh Tritis, Pengolahan Teh Ki Suko, Puncak Widosari,
Peternakan Rajendra, Pantai Glagah dan Desa Kerajinan Batik Lendah.

Episode 5 “Healing” mengangkat wisata Gunung Kidul yang bertema Geopark. Wisata unggulan yang dijadikan lokasi cerita adalah Hutan Turunan, Goa Kali Suci, Wedi Ombo, Gunung Purba Nglanggeran, Desa Kerajinan Topeng Batik, Omah Coklat Nglanggeran dan kuliner Sego Abang.

Diharapkan film “Jogja, Kamu & Rindu” bisa mengenalkan tempat wisata baru dan meningkatkan kunjungan wisata di Yogya. Film ini bisa disaksikan di website Badan Otorita Borobudur mulai awal November 2022. 

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
523 Views