FKG UI Beri Penyuluhan Penyakit Gigi dan Seriawan di Mulut pada Panti Asuhan di Jakarta Pusat

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKGUI) melalui Departemen Ilmu Penyakit Mulut menggelar bakti sosial bertajuk “Pengenalan dan Pencegahan Penyakit Gigi dan Seriawan di Rongga Mulut”. Rangkaian kegiatan terdiri atas penyuluhan daring dengan menggunakan berbagai media audio visual dan alat penyuluhan. Selain itu, terdapat pula aktivitas yang dilakukan secara tatap muka, berupa sikat gigi bersama untuk anak usia sekolah dasar (6 – 12 tahun) dengan didampingi instruktur dari Departemen Ilmu Penyakit Mulut FKGUI dengan memperhatikan protokol kesehatan, dan kuis interaktif untuk penghuni panti usia remaja dan pendamping penghuni/karyawan panti asuhan.  Kegiatan berlangsung di Panti Asuhan Muslimin, Senen, Jakarta Pusat, pada 16-17 November 2020, yang diikuti oleh 90 peserta.

Menurut drg. Sutrania Dewi Sulaksana, peserta Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut FKGUI angkatan 2019 sebagai Ketua Bakti Sosial PPDGS IPM FKGUI 2020, menyampaikan kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan mengenai penjagaan kebersihan gigi dan mulut serta tindakan/obat–obatan yang dapat diberikan sebagai pertolongan pertama pada sakit gigi atau seriawan. “Kami terjun langsung ke masyarakat mengingat kebutuhan akan perawatan gigi dan mulut tetap dibutuhkan namun masih terbatasnya pelayanan kesehatan rutin karena adanya kewaspadaan penularan COVID-19,” ujar drg. Sutrania.

Baca Juga :  Bersama ITS, Ditjen Dikti Sosialisasikan Kampus Merdeka Lewat Roadshow

“Dalam pelaksanaan kegiatan bakti sosial ini, kami turut melibatkan para peserta program pendidikan dokter gigi spesialis penyakit mulut (PPDGS PM) FKGUI serta para dosen. Kami menyesuaikan materi dengan tingkatan pendidikan peserta. Pada hari pertama, peserta kegiatan adalah penghuni panti usia sekolah dasar dan pada hari kedua ditujukan bagi penghuni remaja (SMP), pendamping dan karyawan panti,” kata Dr.drg. Indriasti Indah Wardhany, Sp.PM(K), ketua program studi Penyakit Mulut FKGUI.

Sejumlah penyuluhan yang diberikan berupa gambaran kondisi gigi dan rongga mulut yang sehat; cara merawat kesehatan gigi dan rongga mulut; pemilihan sikat gigi dan pasta gigi yang baik; cara dan waktu sikat gigi yang benar; nutrisi yang baik untuk kesehatan gigi dan rongga mulut; pengenalan berbagai penyakit pada rongga mulut, seperti karies gigi dan  seriawan, termasuk membedakan seriawan yang disebabkan virus, bakteri, trauma; serta pertolongan pertama yang dapat dilakukan untuk penyakit gigi maupun seriawan.

Baca Juga :  Kuliah Umum Menteri Perindustrian RI di FEB UI: Resiliensi Sektor Industri Kunci Pemulihan Ekonomi

“Kami merencanakan untuk melakukan agenda bakti sosial ini secara berkesinambungan dengan tema dan metode yang akan disesuaikan dengan situasi di masa depan,” kata Dr. Indriasti.

Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR

Kepala Biro Humas dan KIP UI

Media contact: Egia Etha Tarigan, S.Sos, MM (Media Relations UI, humas-ui@ui.ac.id ; 08151500-0002)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
710 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x