Forum MWA PTN-BH Rumuskan RPP RI Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi

Ir Yani Panigoro MM (kanan) bersama Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA saat melakukan serah terima jabatan untuk Ketua Forum MWA PTN-BH periode 2024 – 2025

Kampus ITS, ITS News — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menjadi tuan rumah Silaturahmi Nasional dari Forum Majelis Wali Amanat (MWA) Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) 2024. Kegiatan di Hotel JW Marriott Surabaya, Selasa (30/4) sore hingga malam, tersebut menjadi momentum dalam mengkritisi pembaharuan Rancangan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (RPP RI) tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi sekaligus serah terima jabatan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) kepada ITS sebagai Ketua Forum MWA PTN-BH periode 2024 – 2025.

Ketua Forum MWA PTN-BH periode 2024 – 2025 Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA, menyampaikan MWA diharapkan dapat mencari hal-hal baik dalam manajerial dan society. Untuk itu,salah satu sesi kunci dalam forum ini adalah menyusun RPP RI sebagai acuan baru dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. “Dalam penyusunannya, tidak bisa serta merta ditolak atau diterima tetapi perlu didetailkan dan dikaji berkala,” tegas guru besar yang akrab disapa Nuh tersebut.

Menurut Nuh, tradisi akademik yakni tesis, antitesis, serta sintesis harus diadopsi dalam penyusunan RPP dan dikritisi dengan baik. Hal ini sangat penting karena akan memberikan kerangka hukum yang baru dalam mendukung pengelolaan PTN-BH. Pembahasan ini mendapat perhatian khusus, karena perubahan dari Peraturan Pemerintah (PP) akan berdampak langsung pada kebijakan pendidikan tinggi di seluruh negeri.

Baca Juga :  Tim Nogogeni ITS Unjuk Diri di Periklindo Electric Vehicle Show 2024
Ketua Mwa Its Prof Dr Ir Mohammad Nuh Dea Selaku Tuan Rumah Silaturahmi Forum Mwa Ptn Bh 2024 Saat Memberi Sambutan Usai Ditetapkan Sebagai Ketua Forum Mwa Ptn Bh Periode 2024 2025
Ketua MWA ITS Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA selaku tuan rumah Silaturahmi Forum MWA PTN-BH 2024 saat memberi sambutan usai ditetapkan sebagai Ketua Forum MWA PTN-BH periode 2024 – 2025

Melalui pertemuan yang diikuti 21 MWA PTN-BH se-Indonesia ini, muncul berbagai rekomendasi yang dapat meningkatkan kualitas dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan tinggi di Indonesia. Lahirnya RPP didorong atas permasalahan kejadian yang perlu diselesaikan secara gotong-royong. Sehingga, antar PTN-BH diharapkan dapat membantu kendala tersebut. “ITS sebagai tuan rumah dan ketua forum yang baru, menyatakan kesiapannya untuk mendukung dan melaksanakan setiap inisiatif yang disepakati bersama demi kemajuan bangsa dan negara,” tegas mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI periode 2009 – 2014 tersebut.

Salah satu isi dalam pembahasan RPP menitikberatkan untuk meringankan beban pemerintah dengan adanya PTN-BH. Hal ini dicontohkan dengan alokasi anggaran untuk SDM diberikan tidak hanya untuk dosen berstatus pegawai negeri sipil (PNS), tetapi dosen non PNS juga turut merasakan. Hal lainnya juga memfokuskan pada amanah pendidikan jarak jauh mengingat pascapandemi pendidikan jarak jauh sempat menjadi transisi dan dampak digitalisasi mendorong pembelajaran tanpa ruang kelas. “Soal pendidikan jarak jauh juga harus dipertegas pemerintah,” tekan Nuh.

Ketua Mwa Its Prof Dr Ir Mohammad Nuh Dea Kiri Saat Menyapa Para Delegasi Mwa Ptn Bh Yang Hadir
Ketua MWA ITS Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA (kiri) saat menyapa para delegasi MWA PTN-BH yang hadir

Pascaforum ini, hasil RPP akan ditindaklanjuti dengan membentuk tim kecil dalam meningkatkan kelembagaan, pengelolaan dana, pengembangan SDM, serta kapasitas dan kapabilitas pengelolaan PTN-BH. Keberhasilan silaturahmi dan rapat kerja Forum MWA PTN-BH Indonesia tahun ini mencerminkan semangat kolaborasi dan komitmen para pemangku kepentingan PTN-BH. ”Perlu dilakukan penguatan masing-masing PTN-BH dengan memanfaatkan otonomi akademik dan nonakademik,” ucap Nuh.

Baca Juga :  Dosen dan Mahasiswa FIB UI Beri Bimbingan Menulis dan Desain bagi Para Pelajar SMP SMA Se-Indonesia

Mengawali pembukaan silaturahmi, Ketua MWA PTN-BH periode 2023 – 2024 Ir Yani Panigoro MM dari ITB, menyambut hangat delegasi dari 21 MWA PTN-BH se-Indonesia. Dihadiri total 150 peserta, acara ini bertujuan memperkuat kerja sama dan jaringan antar PTN-BH serta mendiskusikan isu-isu penting dalam pengelolaan PTN-BH. “Semoga keberadaan forum ini semakin berarti dan seluruh PTN-BH semakin sukses menghasilkan saran yang dapat diberikan kepada pemerintah,” tutur Yani.

Rektor Its Ir Bambang Pramujati St Msc Eng Phd Kanan Depan Turut Hadir Dalam Silaturahmi Forum Mwa Ptn Bh 2024 Usai Dikukuhkan Sebagai Rektor Its Periode 2024 2029
Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD (kanan depan) turut hadir dalam Silaturahmi Forum MWA PTN-BH 2024 usai dikukuhkan sebagai Rektor ITS periode 2024 – 2029

Kegiatan juga dilanjutkan dengan serah terima jabatan Ketua MWA PTN-BH periode 2023 – 2024 oleh ITB kepada ITS sebagai Ketua MWA PTN-BH periode 2024 – 2025. Disambung dengan pemilihan Wakil Ketua MWA PTN-BH periode 2024 – 2025 secara musyawarah dalam forum. Akhirnya ditunjuk Wakil Ketua MWA PTN-BH Prof Drs H Mohamad Nasir MSi Akt PhD dari Universitas Diponegoro (Undip).

Menutup acara, Nuh juga menyemangati setiap PTN-BH untuk selalu optimistis dalam menyibak setiap persoalan yang ada. Menjadi tantangan bagi setiap PTN-BH untuk mengefisiensikan segala resources agar menciptakan terobosan bagi perguruan tingginya. “Untuk itu, harus dapat membaca segala peluang dan mengubah pola pikir secara eksponensial,” pesannya di akhir. (HUMAS ITS)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
268 Views