Haru, Adik Wisudawan Wakili Almarhumah Sang Kakak, Semangat Almarhumah yang Terus Berjuang dan Selalu Bangkit Saat Menghadapi Tantangan

Jember, 20 Mei 2023 -Universitas Jember kembali menggelar kegiatan upacara wisuda di bulan Mei 2023 ini. Namun upacara wisuda periode VII tahun akademik 2022/2023 yang digelar hari Sabtu (20/5) di Gedung Auditorium diwarnai rasa haru. Pasalnya ucapan selamat dan ijazah salah satu wisudawan dari Fakultas Kedokteran (FK) atas nama Larasayu Putri Asyahrie, S.Ked., diberikan Rektor dan Dekan FK Universitas Jember kepada sang adik, Senja Kirana Mayang. Kebahagiaan saat wisuda yang biasanya dirayakan berganti ingatan akan duka karena Larasayu telah meninggal dunia pada 8 Maret 2023 lalu.

Sebagai salah satu bentuk penghormatan, panitia menayangkan foto-foto almarhumah Larasayu semasa menuntut ilmu di kampus Tegalboto. Keharuan makin menyeruak di Gedung Auditorium kala sang Ibu yang turut hadir datang dari Mataram Nusa Tenggara Barat, Wiwik Budi Lestari, tak bisa menahan kesedihan sehingga sempat tak sadarkan diri dan harus didampingi oleh panitia.

Menurut Dekan FK yang ditemui seusai wisuda, almarhumah Larasayu dikenal sebagai mahasiswi berprestasi terbukti skripsinya mendapatkan nilai A dan Indeks Prestasi Kumulatifnya (IPK) mencapai 3,11. Laras yang lahir di Banjarmasin ini juga aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan di kampus. “Sebenarnya Laras sudah mulai menjalani program pendidikan profesi dokter sembari menunggu wisuda. Namun takdir berkata lain, Laras berpulang ke Rahmatullah akibat sakit. Namun pelajaran yang bisa kita ambil adalah semangat almarhumah yang terus berjuang dan selalu bangkit saat menghadapi tantangan apapun,” tutur dr. Ulfa Elfiah, M.Kes., Sp.BP.RE.Subsp.L.B.L. (K).

Baca Juga :  Mahasiswa ITS Teliti Membran Karbon Penyaring Gas Energi Terbarukan

Tema kebangkitan juga dipesankan oleh Rektor Universitas Jember kala menyampaikan pidato wisuda. Menurut Iwan Taruna, wisuda periode VII kali ini istimewa. Pertama karena bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Kedua karena dalam sebulan dilakukan wisuda untuk kedua kalinya, setelah sebelumnya wisuda periode VI digelar pada tanggal 6 Mei 2023 lalu. Selanjutnya ada satu lulusan yang diwisuda secara anumerta. Dan yang terakhir ada salah satu anggota DPR RI dari Fraksi PDI-P yang diwisuda, yakni Sonny T. Danaparamita yang lulus dari Program Studi Magister Ilmu Hukum FH Universitas Jember.       

 “Hari ini adalah hari yang bersejarah, ditandai dengan bangkit berdirinya organisasi Boedi Oetomo yang diprakarsai para mahasiswa STOVIA Jakarta. Berdirinya Boedi Oetomo membuka lembaran baru merebut kemerdekaan Indonesia yakni perjuangan dengan cara yang lebih teroganisir dan modern. Oleh karena itu saya berharap segenap lulusan Universitas Jember juga memiliki semangat untuk bangkit saat menghadapi tantangan dan hambatan. Caranya dengan terus belajar, jangan minder, selalu menjaga hubungan dengan almamater serta berjejaring melalui Keluarga Alumni Universitas Jember,” ungkap Iwan Taruna.     

Baca Juga :  Vokasi UI Gandeng Bursa Efek Indonesia dan Indopremier Sekuritas Gelar “Independence Capital Market Competition 2020”

Tampil sebagai wisudawan berprestasi di jenjang doktoral (S3) adalah Dr. Ir. Henik Prayuginingsih, MP., dari Program Studi Doktor Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian dengan IPK 3,94. Predikat wisudawan berprestasi di jenjang magister (S2) disandang dua wisudawan, mereka adalah Arum Hikmatul Afifah, S.Pd., M.Pd., dari Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP dan Fradana Putra Disantara, SH., MH., dari Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum. Keduanya mencetak IPK sempurna atau IPK 4,00 ! Kejadian serupa juga terjadi di jenjang sarjana (S1). Kali ini lulusan Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian atas nama Natasya Meydi Santoso, SP., dan Intan Hayu Ningrum, S.Pd., dari Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP, sama-sama memiliki IPK 3,99 dan juga sama-sama menyelesaikan kuliah dalam jangka waktu 3 tahun 5 bulan dan 5 hari !    

Berikut data jumlah wisudawan periode VII tahun akademik 2022/2023 di setiap fakultas ;

No Fakultas S 3 S 2 S1 S 0 Jumlah
1. Hukum 13 16 29
2. Ilmu Sosial Ilmu Politik 43 1 44
3. Pertanian 1 1 112 114
4. Ekonomi dan Bisnis 1 5 60 2 168
5. Keguruan dan Ilmu Pendidikan 5 191 196
6. Ilmu Budaya 1 20 21
7. Teknologi Pertanian 24 24
8. Kedokteran Gigi 0
9. Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam 11 11
10. Kedokteran 19 19
11. Kesehatan Masyarakat 17 17
12. Teknik 2 80 6 88
13. Farmasi 38 38
14. Keperawatan 0
15. Ilmu Komputer 31 31
16. Pascasarjana 2 2
  J U M L A H 2 29 662 9 700

(iim)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
691 Views