HERO, Aplikasi Pendeteksi Curah Jantung Karya Mahasiswa FK Unpad

Tiga mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjadjaran membuat aplikasi untuk mendeteksi curah jantung dengan memanfaatkan perangkat jam tangan pintar (smartwatch). Alat yang diberi nama “HERO” atau “Heart Enhanced Rapid Observer” ini memiliki akurasi 95%.

Para mahasiswa tersebut adalah Annida Naufal Irvania, Faiza Shifa Medina, dan Asep Wirayasa. Mereka merupakan mahasiswa Praklinik FK Unpad.

Inovasi ini berhasil meraih emas pada kategori “IoT and Apps” dalam ajang internasional Indonesia Inventors Day di Denpasar Bali, 16-19 September 2023.

HERO merupakan pendeteksi curah jantung dengan metode non-invasif yang dapat bermanfaat untuk mendeteksi kemungkinan gagal jantung serta dapat menyelamatkan banyak nyawa dengan cepat, praktis, dan murah.

Baca Juga :  Universitas Teuku Umar Berkerjasama dengan Pemkab Aceh Selatan Gelar Pembukaan Program Macthing Fund tentang Pemberdayaan Sentra IKM Pala

“Jika biasanya orang harus datang ke rumah sakit untuk mengukur cardiac output menggunakan echocardiography sekarang mereka bisa mengukur kadar cardiac outputnya kapanpun dan dimanapun sehingga lebih aplikatif untuk mencegah kematian akibat gagal jantung,” ujar Annida dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Di bawah bimbingan para dokter berpengalaman di Rumah Sakit Hasan Sadikin dan FK Unpad, yakni, Dr. Mohammad Rizki Akbar, dr., M.Kes., SpJP(K)., dr. Hawani Sasmaya Prameswari, SpJP(K)., dan dr. Miftah Pramudyo, Sp.JP(K), curah jantung yang semula hanya dapat dideteksi oleh tenaga profesional di Rumah Sakit kini ada dalam genggaman dan bisa dideteksi secara personal.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan semua pihak yang terlibat, dari mulai pengembangan ide hingga eksekusi panjang yang memakan waktu lebih dari 3 bulan sehingga akhirnya bisa HERO bisa direalisasikan. Tentunya kami berharap supaya inovasi ini terus berkembang dan bisa dimanfaatkan masyarakat  tidak hanya berhenti di ajang kompetisi,” harap Annida.

Baca Juga :  ITS - KMWI Turut Andil Pulihkan Ekonomi Nasional melalui Teknologi

Dalam dunia medis, deteksi curah jantung memiliki banyak manfaat besar dalam mendiagnosis, memonitor keberhasilan terapi, dan prognosis pasien. Annida mengatakan, kemudahan yang ditawarkan inovasi  ini memiliki potensi pengembangan yang sangat luas lagi kedepannya.*

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
85 Views