IPB University dan USANA Health Science Serahkan Garden Tower kepada Kelompok Wanita Tani

IPB University bersama USANA Health Science memberikan hibah garden tower kepada kelompok tani, 16/1.  Kehadiran garden tower ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan protein. 

Dr Akhmad Arifin Hadi, Ketua Pelaksana Pilot Project Garden Tower, menjelaskan, garden tower merupakan metode penanaman vertikal dengan tanaman sayuran. Ia mengatakan, bahan yang digunakan adalah terpal yang dibuat secara melingkar. Terpal tersebut diisi dengan media tanam arang sekam, pupuk organik dan sedikit media tanah. 

“Kami sudah mendistribusikan sebanyak 105 kit garden tower yang terdiri dari terpal, benih sayuran seperti pakcoy, caisim, selada hijau, selada merah, bayam, kangkung, cabai, tomat dan seledri,” terangnya. 

Ketua Departemen Arsitektur Lanskap IPB University itu melanjutkan, pihaknya juga telah mendistribusikan sebanyak 420 karung media arang sekam dan pupuk organik. Kit tersebut, katanya, telah didistribusikan kepada 21 kelompok wanita tani.

Kelompok wanita tani yang dimaksud antara lain KWT Agrianita Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University, KWT Agrianita Fakultas Peternakan, KWT Agrianita Fakultas Pertanian, KWT Agrianita Fakultas Kedokteran Hewan, KWT Agrianita Fakultas Teknologi Pertanian, KWT Agrianita Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, KWT Agrianita Sekolah Bisnis, KWT Agrianita Sekolah Vokasi.

Baca Juga :  UNSERA Lakukan Monitoring Online Covid-19 kepada Civitas Akademika

Sementara itu, KWT dari luar IPB University antara lain KWT Melati Cikarawang, KWT Sekar Asri Cikarawang, KWT Asri Bubulak, KWT Flamboyan Empang, KWT Sejahtera Benteng, KWT Jayadewata Lestari Balumbangjaya, KWT Sereh Wangi, KWT Mulyaharja. 

Rektor IPB University, Profesor Arif Satria mengatakan garden tower ini merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Ia menyebut, dalam memberi manfaat, harus dilakukan secara berkelanjutan. Tidak hanya itu, sebagai kalangan terdidik, harus memberikan manfaat yang memiliki impact besar bagi sekitar. 

“Sebagai orang yang terdidik, sudah saatnya untuk memberikan manfaat yang luar biasa, lebih impactful dan berkelanjutan,” katanya. 

Ia pun menjelaskan bahwa IPB University terus berusaha memberikan manfaat bagi masyarakat melalui inovasinya. Dengan inovasi itu juga, katanya, IPB University berusaha memberikan inspirasi bagi masyaraka luas. 

Baca Juga :  Adaptasi dan Adopsi Teknologi di FKUI dalam Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19

IPB University tidak semata-mata hanya menghasilkan inovasi bagi masyarakat, tetapi degan inovasi tersebut, IPB University terus mendorong masyarakat untuk ikut menciptakan inovasi,” terangnya. 

Terkait garden tower, General Manager USANA Healthy Science, Charles Suhada menjelaskan, tujuan dari project garden tower ini adalah menyediakan makanan yang sehat bagi masyarakat. Ia menjelaskan, di tingkat global, ditargetkan dapat terbangun 30 ribu paket garden tower.

“Satu garden tower, dapat memberi makan sekitar empat sampai lima orang dalam tiga kali makan sehari, dan ini dapat kontinu, bukan sebulan habis tetapi akan berkelanjutan,” terangnya. 

Ia menargetkan, sebanyak 10 ribu masyarakat Indonesia yang dapat merasakan manfaat dari kehadiran garden tower.  “Saya mengajak para masyarakat untuk memberikan positif impact bagi sesama dengan terus menginspirasi melalui garden tower,” pungkasnya. (*)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1730 Views