IPB University Jalin Kerjasama dengan Holding Perkebunan Nusantara

Rektor IPB University, Prof Arif Satria menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antara IPB University dengan Holding Perkebunan Nusantara, (16/3). Kerjasama tersebut dijalin dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui program pembelajaran formal lanjutan.

Direktur Utama Holding PT Perkebunan Nusantara (PTPN III), Dr Mohammad Abdul Ghani mengatakan, kerjasama ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam memperkuat SDM. Menurutnya, IPB University adalah mitra yang tepat untuk mendukung akselerasi program pengembangan talenta SDM. Melalui program ini, ia berharap ke depannya akan dilahirkan para future leader.

“Hari ini PTPN grup mengajak kerjasama dengan IPB University untuk pembelajaran formal lanjutan Perkebunan Nusantara Group. IPB University merupakan perguruan tinggi terbaik nomor satu di Indonesia dan Asia Tenggara untuk bidang pertanian dan kehutanan. Sepuluh besar di Asia untuk bidang yang sama. Jadi tidak salah kami memilih IPB University untuk bekerjasama dalam pengembangan talent,” ujar pria lulusan IPB University tahun 1980 ini.

Baca Juga :  Vokasi UI Gandeng Bursa Efek Indonesia dan Indopremier Sekuritas Gelar “Independence Capital Market Competition 2020”

Dalam pengembangan talenta, lanjutnya, Holding Perkebunan Nusantara menerapkan konsep 3C yaitu Corporate, Campus dan Collaboration. Konsep itu dituangkan dalam kerjasama dengan perguruan tinggi dalam menjalankan program pendidikan formal S2 dan S3 maupun short course, termasuk dengan IPB University saat ini.

“Kami juga mengundang IPB University, baik mahasiswa maupun peniliti untuk melakukan penelitian, kajian di jaringan dan fasilitas yang dimiliki PTPN. Karena kami juga sekarang sedang merintis kerjasama beberapa lembaga seperti Pertamina dan PLN, kalau ini didukung IPB University tentu akan lebih baik lagi,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Prof Arif Satria menyambut baik kerjasama ini. Baginya, kerjasama dalam bidang pendidikan saat ini penting dilakukan. Sebab menurutnya, era ke depan membutuhkan pendekatan berbeda dalam pengembangan organisasi maupun institusi.  Menurutnya, perusahaan, terutama perusahaan besar seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN), saat ini dituntut untuk lebih agile.

Baca Juga :  Mengenal Sosok Teguh Gumilang, Wirausaha Milenial Bioflok Alumnus IPB University

“Karenanya, kehadiran SDM yang lebih agile dan adaptif terhadap perubahan menjadi penting bagi perusahaan. Dalam kerjasama pengembangan SDM ini, IPB University terutama Sekolah Bisnis sudah sangat siap untuk mengawal proses transformasi SDM di PTPN Holding. Kalau ini berjalan dengan baik, insha Allah memberikan kontribusi untuk penguatan PTPN Holding,” kata Prof Arif.

Di sisi lain, Prof Arif turut bangga kepada Dr Mohammad Abdul Ghani. Ia bangga bahwa ada alumni IPB University memegang jabatan penting di BUMN. Ia berharap kerjasama ini dapat mempercepat proses transformasi yang dilakukan PTPN III dalam membangun industri pertanian agro semakin kuat dan memberikan kontribusi bagi ekonomi.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
96 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x