ITS Resmikan Ruang Kolaborasi untuk Kemajuan Kemaritiman

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng saat memberikan sambutan peresmian ruang kolaborasi IDSurvey dan ITS di Gedung NasDEC ITS

Kampus ITS, ITS News – Guna mewujudkan kemajuan transportasi dan teknologi kemaritiman, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bersama IDSurvey meresmikan ruang kolaborasi dalam kegiatan IDSurvey Goes to Campus. Acara ini merupakan perayaan tahun kedua terjalinnya kerja sama antara IDSurvey dan ITS yang digelar di National Ship Design and Engineering Center (NaSDEC) ITS, Kamis (20/12).

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Perak Capt Heru Susanto MM menjelaskan, ruang kolaborasi ini nantinya difungsikan sebagai tempat layanan pemangku sektor industri kemaritiman dan juga sebagai sarana pengembangan akademik dan riset penelitian di bidang teknologi serta transportasi maritim. “Hal ini merupakan salah contoh implementasi UU No. 17 Tahun 2008 tentang Kelautan,” ungkap Heru.

Baca Juga :  Hadapi Ancaman Ayam Impor Brazil, Ini Tanggapan Pakar Halal IPB University

Lebih jelasnya, sambung Heru, ruang kolaborasi ini juga bertujuan untuk menciptakan transportasi laut yang modern dan efisien guna mempermudah akses ke pulau-pulau terluar, terpencil, dan tertinggal (3T). “Ruang kolaborasi ini bisa mengurangi ketergantungan kita (bangsa Indonesia, red) dalam bidang maritim terhadap produk dari luar negeri,” jelasnya.

Capt Heru Susanto MM saat memberikan sambutan peresmian ruang kolaborasi IDSurvey dan ITS di Gedung NasDEC ITS

Selaras dengan Heru, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menambahkan bahwa latar belakang dibangunnya ruang kolaborasi ini berawal dari adanya kesulitan para mahasiswa dan dosen dalam mengembangkan inovasi serta penelitian di bidang kemaritiman. Inovasi yang seharusnya dapat diwujudkan tersebut harus terhenti di titik publikasi karena proses komersialisasi yang membutuhkan sertifikasi dan perizinan yang memakan waktu lama.

Baca Juga :  ITS Sosialisasikan Jalur Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru 2022

Ashari juga menyampaikan, ruang kolaborasi ini dibangun dengan tujuan sebagai wadah berkembang bagi mahasiswa dan dosen di Indonesia dalam menginovasikan teknologi kemaritiman dan transportasi laut. Ruang ini memiliki luas 15 x 15 meter. Di samping ruang tersebut juga terdapat ruangan kantor Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Sarana Lepas Pantai Indonesia (Iperindo), dan berbagai ruang kantor dari industri kemaritiman lainnya.

Manajer Unit Klaster Inovasi Maritim ITS Ir Tri Achmadi PhD (kanan) menunjukan salah satu prototype kapal karya ITS kepada para pejabat ITS dan undangan lainnya

Pada kesempatan yang sama, ITS bersama IDSurvey juga menghelat talkshow yang membahas terkait tugas dan peran Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). Dalam talkshow tersebut juga memaparkan tentang pentingnya pemanfaatan layanan TestingInspectionand Certification (TIC) dari BKI bagi para pemangku kepentingan di industri maritim di Indonesia. (HUMAS ITS)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
361 Views