JICAF#2: Pameran Kolaborasi Perguruan Tinggi, Insan Kreatif dan Dunia Industri

Fakultas Seni Rupa (FSR) ISI Yogyakarta menyelenggaran Pemeran Jicaf#2 dengan tajuk “Visual Art and Creative Industries Collaboration”, pada 22 September sampai dengan 2 Oktober 2020 di Main Atrium Pakuwon Mall Jogja. Pembukan dilaksanakan pada 22 September 2022  dan dibuka oleh Pembantu Rektor I ISI Yogyakarta, Dr. St. Hanggar Budi Prasetya, S.Sn., M.Si. Pembukaan pameran dihadiri juga oleh Pembantu Rektor II ISI Yogyakarta, Perwakilan Gubernur DIY, Bupati Bantul, Bupati Sleman, Bupati Kulon Progo, Dekan beserta pimpinan Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta, Dekan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta, seniman dan mitra industri.

JICAF #2 yang dilaksanakan oleh  FSR ISI Yogyakarta turut mengundang para peserta dari Bundipatnasilpa Institute dan Silpakorn University Thailand, Seoul Institute of the Arts, Korea National University of Arts, Seocho-dong Campust, Daehak-ro Campus, Eszterházy Károly University, Tokyo University of the Arts, Mapua University, Cebu Institute of Technology, University of Mindanao, UITM dan Malaysian Institute of Art, serta Vietnam University of Fine Arts.

Baca Juga :  Mahasiswa Program Studi Desain Produk Raih Penghargaan Terbaik Ke-3 Kategori Kriya IFCA 2021

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Pameran JICAF #2 Jadi Bagian Implementasi Dunia Pendidikan dan Dunia Industri, https://jogja.tribunnews.com/2022/09/22/pameran-jicaf-2-jadi-bagian-implementasi-dunia-pendidikan-dan-dunia-industri?page=2.
Penulis: Neti Istimewa Rukmana | Editor: Muhammad Fatoni

Ruang Lingkung kegiatan JICAF#2 adalah merumuskan konsep, tema, dan strategi kegiatan kolaborasi kreatif. Juga menggali potensi insan kreatif dan industri kreatif yang memiliki talenta dalam menciptakan produk kelas dunia yang bersumber dari pengetahuan seni dan tradisi budaya Indonesia. Festival ini untuk membantu mempresentasikan, menata, dan mensosialisasikan karya seni secara kreatif dan global.

Kolobarasi yang melibatkan perguruan tinggi, insan kreatif dan dunia industri sejalan dengan semangat Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang digulirkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi, demikian disampaikan Dekan Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta, Dr. Timbul Raharjo, M.Sn. Sinergi antara perguruan tinggi dan dunia industri akan berdampak terhadap kualitas perguruan tinggi yang semakin mendekati kebutuhan dunia industri. Kolaborasi juga menjadi kebutuhan di era yang semakin kompetitif ini.

Baca Juga :  Dosen Vokasi UI Latih Kelompok Wanita Tani Bogor untuk Tertib Administrasi Keuangan

Pembantu Rektor I ISI Yogyakarta Dr. St. Hanggar Budi Prasetya, S.Sn., M.Si, mewakili Rektor ISI Yogyakarta, Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum, berharap, palaksanaan JICAF #2 dapat berjalan dengan lancar. ”Industri kreatif bisa diartikan sebagai segala proses penciptaan kreatifitas ide dan gagasan dari seseorang atau sekelompok yang menghasilkan karya atau produk setelahnya,” tuturnya. Kolaborasi dan aplikasi teknologi informasi menjadi kebutuhan saat ini.

Pembukaan pameran ini ditutup dengan tour pameran yang dipandu oleh kurator pameran, Dr. Mikke Susanto, M.A. Kurator mengajak pengunjung pameran untuk berkeliling serta mencoba mendeskripsikan setiap karya, termasuk mengundang seniman penciptakan karya untuk mendeskripsikan karya yang diciptakan.

Sambutan Dekan FSP ISI Yogyakarta
Sambutan Pembantu Rektor I ISI Yogyakarta
Pembukaan pemeran
Tour pameran
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
439 Views