Kick Off Kegiatan Landscape Assessment CRC 990-EFForTS 2021

Para peneliti yang tergabung dalam Penelitian CRC 990-EFForTS mengikuti Kick Off Landscape Assessment yang digelar beberapa waktu lalu. Landscape Assessment (LA) bertujuan melakukan scaling up secara integratif untuk mengkaji dinamika fungsi ekologi dan sosial-ekonomi di Jambi. LA ini mencakup ragam tata guna lahan seperti hutan alam, semak belukar, kebun karet, dan kebun kelapa sawit pada skala lebih luas (landscape).

“Kegiatan asesmen lanskap integratif ini dilaksanakan pada 132 plot (33 plot per ragam guna lahan dengan empat ulangan). Ada penambahan 100 plots baru (50 m x 50 m) dari fase sebelumnya (2012-2019) yang berjumlah 32 core plots dan juga terdapat penambahan kegiatan rapid field work,” ujar Prof Dodik R Nurrochmat, Wakil Rektor bidang Internasionalisasi, Kerjasama, dan Hubungan Alumni IPB University. Pada kesempatan ini, Prof Dodik menjadi Speaker CRC 990-EFForTS dari pihak University of Goettingen dan Konsorsium Indonesia.

Baca Juga :  Tekan Penyebaran Covid-19, Mahasiswa ITS Gagas Teknologi Co-Saber

Menurut Dosen IPB University dari Fakultas Kehutanan dan Lingkungan ini, plot penelitian Landscape Assessment merupakan kerjasama dengan petani sawit dan karet, serta institusi dan perusahaan. Plot terdistribusi di beberapa wilayah di Provinsi Jambi yaitu Kabupaten Serolangun, Kabupaten Batanghari, Balai Taman Nasional Bukit Duabelas (BTNBD), PT Berkah Sawit Utama (BSU), PT REKI dan lainnya.

“Kegiatan lapang LA ini dilaksanakan  secara cepat dan intensif (remote sampling) selama 4-5 bulan (24 Mei-Oktober). Tim pelaksana penelitian seluruhnya  adalah peneliti Indonesia (counterpart) dan para asisten (40 asisten). Ini karena situasi pandemi yang tidak memungkinkan peneliti dari University of Goettingen untuk datang ke Indonesia, “ imbuhnya. Untuk Informasi lebih lanjut terkait Landscape Assessment CRC 990-EFForTS, peneliti dapat mengunjungi website: https://www.uni-goettingen.de/en/625527.html.

Baca Juga :  IPB University dan Bupati Segera Realisasikan Data Desa Presisi di Seluruh Gianyar, Bali

Kegiatan Kick Off Landscape Assessment ini dihadiri oleh berbagai pihak yang terlibat dalam kerjasama penelitian CRC 990-EFForTS antara lain researcher, field assistant, counterpart, anggota Joint Management Board (JMB) dan staff kantor koordinasi dari Universitas Goettingen, IPB University, Universitas Jambi, dan Universitas Tadulako. (**/Zul)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
469 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x