Mahasiswa Fotografi ISI Yogyakarta Menjadi Finalis Pictures of the Year Asia 2023

Mahasiswa Program Studi Fotografi, Fakultas Seni Media Rekam,  ISI Yogyakarta berhasil menjadi Finalis Pictures of the Year Asia 2023. Doni Wilson Apriel mahasiswa Program Studi Fotografi berhasil menjadi Finalis Pictures of the Year Asia 2023 untuk Recreational & Traditional Sports. Foto yang dikirimkan  Doni Wilson Apriel  berhasil menarik hati para juri yang terdiri dari Sandipa Malakar, Willy Kurniawan, Zhou Yang, Ki-Ho Park dan Suzanne Lee sehingga menjadi Finalis Pictures of the Year Asia 2023.

Pictures of the Year (POY) Asia merupakan kompetisi fotografi internasional yang diselenggarakan setiap tahun. Kompetisi ini diselenggarakan sebagai berkomitmen untuk mempromosikan fotografer dan cerita berbasis Asia. POY Asia berkomitmen untuk melihat dunia dari perspektif Asia berdasarkan foto yang dihasilkan oleh fotografer-fotografer Asia. Kompetisi pertama di tahun 2021 dimulai dengan sembilan kategori. Pada tahun 2022, kategori baru  yaitu olahraga rekreasi & tradisional mulai ditambahkan. Karena dunia semakin kembali ke ‘kenormalan’ pra-pandemi, pada tahun 2023 kategori COVID-19 mulai dihilangkan dan menambahkan kategori aksi olahraga, berita umum, kehidupan dan Seri Potret.

Baca Juga :  PELUNCURAN E-OFFICE SEMAR DALAM RANGKA PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS FSMR ISI YOGYAKARTA

Pada kompetisi internasional ini, Doni Wilson Apriel mengirimkan foto yang mengangkat tradisi Si Semba, Toraja. Si Semba merupakan tradisi adu kaki ini dilakukan setelah panen padi sebagai bentuk rasa syukur kepada pencipta atas hasil panen. Adu kaki ini dilakukan secara masal oleh anak-anak hingga pria dewasa. Dalam pelaksanaan adu kaki ini, peserta tidak diperbolehkan menyerang dengan tangan, tidak menyerang lawan yang tumbang, dan tidak boleh menyimpan dendam. Si Semba mengajarkan kita untuk tetap kuat dan sabar dalam menjalani hidup. Selain sebagai bentuk rasa syukur, tradisi ini juga digelar sebagai harapan agar panen berikutnya lebih melimpah, terhindar dari gagal panen, dan mempererat persaudaraan.

Foto yang dikirim mengikuti kompetisi
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
905 Views