Mahasiswa KKN-T IPB University Lakukan Pendampingan Pengembangan UMKM

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) Desa Cibodas, Cianjur, Jawa Barat melakukan pendampingan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Ranggining milik salah satu warga desa, Bu Mamah. Pendampingan dilakukan secara langsung ke rumah tempat produksi.

Bulan Hilaliyah, salah satu mahasiswa KKN-T IPB University mengatakan, program ini bertujuan agar dapat meningkatkan pendapatan warga Desa Cibodas. Selain itu, pendampingan yang telah dilakukan, diharapkan dapat mendukung upaya pencegahan stunting.

“Harapannya program pendampingan UMKM ini bisa menjadi contoh, agar banyak lagi program pendampingan UMKM di Desa Cibodas. Semoga ini bisa mendukung penguatan ekonomi agar masyarakat dapat lebih sejahtera,” harapnya.

Mahasiswa KKN-T IPB University berfokus pada pengembangan aspek pengemasan dan pemasaran. Melalui pelatihan dalam menimbang, mengemas dan menggunakan e-commerce sebagai upaya untuk mencapai pasar digital. 

Baca Juga :  Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat Social Distancing

“Sebelumnya, ranggining buatan Bu Mamah tidak memiliki satuan timbangan yang terukur serta belum memiliki identitas. Setelah berdiskusi dengan Bu Mamah, akhirnya ditetapkan satuan penjualan dan logo produk,” ungkap Bulan.

Saat diadakan pendampingan, Bu Mamah dan anaknya, Tania, tak segan dan sangat tertarik berdialog membahas beberapa hal yang dapat menunjang pengembangan UMKM miliknya.

“Terima kasih banyak kepada mahasiswa yang telah banyak membantu Ibu dalam produksi ranggining. Dengan kemasan yang baru, semoga semakin banyak yang terjual. Dan mudah-mudahan kalian sukses selalu,” ujar Bu Mamah.

Harapan yang sama juga dituturkan oleh Tania. Ia mengatakan, pelatihan pemasaran menggunakan e-commerce oleh mahasiswa KKN-T IPB University memberikan manfaat bagi usaha orang tuanya. (*/Rz)

Baca Juga :  Program Matching Fund 2021 : Kerjasama LPPM ISI Yogyakarta dengan Pemerintah Kabupaten Sleman dan Komunitas Bisnis
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
255 Views