Undana-BWS Nusa Tenggara II Jalin Kerja Sama Tri Dharma dan Kelembagaan

Kupang – Universitas Nusa Cendana (Undana) dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara (NT) II menjalin kerja sama tri dharma dan kelembagaan. Kerja sama tersebut ditandai penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Undana, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc dan Kepala BWS NT II, Ir. Agus Sosiawan, ME di Ruang Rapat, Rektorat Undana, Jumat (15/7/2022).

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Rektor (WR) IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sisem Informasi, Dr. Jefri S. Bale, ST., M.Eng, Dekan Fakultas Sains dan Teknik, Dr. Drs. Hery Leo Sianturi, M.Si, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyrakat (LP2M), Dr. Damianus Adar, M.Ec, Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama (BPKS), Yefry C. Adoe, SE, Koordinator Ilmu Lingkungan, Program Pascasarjana, Prof. Philiphi de Rozari, S.Si., M.Si., M.Sc., Ph. D, dan Koordinator Prodi Teknik Sipil, FST, Dr. Denik Sri Krisnayanti, ST., MT. Hadir pula, Kasubag TU BWS NT II, Kris Lake, SE., MM, Kasatker Bendungan Pulau Timor, Frengki Welkis, ST, dan Kasatker OP SDA, Joni Doga, ST.

Baca Juga :  FIA UI DAN BPSDM KEMENKUMHAM JALIN KERJA SAMA DALAM PENILAIAN DAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI SDM

Rektor, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc dan Kepala BWS NT II, Ir. Agus Sosiawan, ME menunjukkan MoU yang telah ditandatangani di Ruang Rapat, Rektorat Undana, Jumat (15/7/2022).

Implementasi MBKM

Rektor Undana, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc dalam sambutannya mengatakan bahwa penandatanganan MoU itu bisa memberi motivasi bagi Undana. Sebab, saat ini salah satu tuntutan Kemendikbudristek adalah implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).Untuk itu, dengan adanya dokumen MoU itu, sebut Rektor, kerja sama tersebut bisa diperluas, tidak saja untuk magang bagi mahasiswa, tetapi para praktisi dari BWS NT II juga bisa mengajar atau menjadi pembimbing eksternal bagi mahasiswa.

“Visi Kemendikbudristek adalah bagaimana melakukan sinkronisasi antara tantangan dan kebutuhan di lapangan denga napa yang diajarkan di kampus. Jangan sampai tidak match dengan (teori) yang diajarkan,” sebut Rektor. Rektor mengaku, yang paling membutuhkan kerja sama tersebut adalah Undana, sehinggga peluang lainnya yang dapat dilakukan, sebut Rektor, adalah melalui penelitian dosen.

WR IV Undana, Dr. Jefri S. Bale, ST., M.Eng menyerahkan souvenir kepada salah satu pimpinan BWS NT II didampingi Rektor Undana dan Kepala BWS NT II di Ruang Rapat, Rektorat Undana, Jumat (15/7/2022).

Kepala BWS NT II, Ir. Agus Sosiawan, ME, pada kesempatan itu menambahkan bahwa kerja sama tersebut didukung pembina BWS NT II di Kementerian PUPR. Hal tersebut, kata Agus, sebagaimana yang disampaikan Menteri PUPR bahwa kolaborasi bisa dilakukan dengan semua pihak, termasuk dengan institusi pendidikan dalam hal ini Undana.

Baca Juga :  Dukung Implementasi MBKM, Undana dan Pemkab Manggarai Jalin Kerja Sama

Wahana Belajar Mahasiswa

Ia menjelaskan, saat ini ada 3 (tiga) kegiatan strategis yang tengah dilakukan BWS NT II di 3 wilayah, yakni Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan dan Nagekeo. Di 3 lokasi itu terdapat 6 paket yang bisa dijadikan sebagai wahana bagi mahasiswa untuk belajar. Karena itu, BWS NT II siap menerima mahasiswa untuk melakukan magang di wilayah kerjanya. “Momen ini menurut pandangan kami, pekerjaan spesifik tersebut tidak semua ada di tempat lain, sehingga ini adalah saatnya bagi mahasiswa untuk melihat langsung prose, perencanaan dan evaluasinya bagaimana,” jelasnya. Untuk itu, ia berharap para mahasiswa bisa beradaptasi dengan kondisi lapangan nantinya. (rfl)

Tim Humas, Biro Perencanaan, Kerja Sama dan Humas,

Contact Person (CP): 0813 4331 7070

Kunjungi Media Sosial Undana

YouTube: Official Universitas Nusa Cendana: https://www.youtube.com/channel/UCtB1iZTSBH9etwVDCeeD2yw

Facebook: Universitas Nusa Cendana: https://web.facebook.com/nusacendana1962

Instagram: universitas.nusa.cendana https://www.instagram.com/universitas.nusa.cendana/

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
795 Views