Universitas Jember Siapkan 2.155 Bangku Kuliah di Jalur SNBP 2023

Jember, 24 Februari 2023 – Universitas Jember menyiapkan 2.155 bangku kuliah bagi mahasiswa baru angkatan 2023 melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023. Jumlah tersebut terdiri dari 1.915 kursi di jenjang Sarjana (S1), 42 mahasiswa baru untuk jenjang Sarjana Terapan (D-IV) dan 198 kuota untuk jenjang Diploma (D-III). Pernyataan ini disampaikan oleh Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna dalam kesempatan rapat pimpinan bersama wakil rektor, ketua senat dan para dekan dalam kegiatan Harmoni Pagi yang digelar di Gedung Serba Guna Fakultas Kedokteran Gigi (24/2).

Dalam kegiatan rapat pimpinan kali ini, Rektor juga menyampaikan kondisi pendaftar di Universitas Jember di jalur SNBP 2023 hingga hari Jumat tanggal 24 Februari 2023. Dari data, terdapat 13.674 siswa yang memilih program studi di Universitas Jember. Dengan perincian 6.756 siswa memilih program studi di Universitas Jember di pilihan pertama, dan 6.918 siswa memilih program studi di Universitas Jember di pilihan kedua. Jumlah ini masih akan terus bertambah mengingat pendaftaran SNBP 2023 baru akan ditutup pada tanggal 28 Februari 2023 nanti.

Baca Juga :  PKSPL IPB University Inisiasi Penguatan Kelembagaan Ekosistem Pesisir di Raja Ampat-Papua Barat

“Jumlah pendaftar ini masih bisa bertambah, karena berkaca pada kebiasaan banyak siswa yang baru akan mendaftarkan diri di akhir masa pendaftaran. Oleh karena itu saya menghimbau agar siswa yang sudah memiliki pilihan program studi dan PTN untuk segera melakukan pendaftaran tanpa menunggu di akhir masa pendaftaran. Ingat, pendaftaran jalur SNBP 2023 akan ditutup pada tanggal 28 Februari nanti,” kata Iwan Taruna.

Sementara itu Wakil Rektor I Universitas Jember, Prof. Slamin menambahkan, di tahun 2022 lalu Universitas Jember diminati oleh 23.312 siswa di jalur SNMPTN yang kini berubah menjadi jalur SNBP. Sementara yang berhasil lolos seleksi dan diterima hanya 2.380 mahasiswa baru saja. Tahun ini jumlah mahasiswa baru yang diterima Universitas Jember melalui jalur SNBP sedikit berkurang karena memang pihaknya ingin lebih selektif dalam menerima mahasiswa.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran COVID-19, Mahasiswa FIS UNIMED Gelar Ujian Skripsi Online

“Siswa perlu menyiapkan strategi dalam memilih program studi mengingat di jalur SNBP dan jalur SNBT nanti, bisa memilih program studi sarjana, sarjana terapan atau diploma. Jadi harus disesuaikan dengan minat dan bakatnya. Bagi siswa yang ingin mendalami sisi praktek bisa fokus ke politeknik atau program studi vokasi di universitas. Begitu pula yang serius ke pendalaman ilmu bisa memilih perguruan tinggi berupa universitas atau institut,” imbuh Prof. Slamin.

Selain membahas persiapan penerimaan mahasiswa baru tahun 2023, kegiatan rapat pimpinan juga membahas persiapan pelaksanaan belajar mengajar di semester genap tahun akademik 2022/2023 yang akan dimulai pada minggu depan. Untuk diketahui Universitas Jember memiliki program Harmoni Pagi, acara olah raga bersama yang kemudian dilanjutkan dengan rapat pimpinan bulanan sebagai perwujudan Rapat Tinjauan Manajemen setiap bulannya. Untuk tuan rumah kegiatan Harmoni Pagi bulan Februari ini adalah Fakultas Kedokteran Gigi. (iim)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1685 Views