The Global Melting Pot: Keseharian Awardee IISMA di Asia

19 November 2022 – Awardees Indonesian International student Mobility Awards (IISMA) 2022 Kawasan Asia menyelenggarakan talk show bertajuk “The Global Melting Pot: Experiencing Life Abroad in Asia” pada Sabtu kemarin (19/11). Para awardee kawasan ini berasal dari 13 host universities dari enam negara Asia, yakni Brunei Darussalam, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Thailand.

Kegiatan ini merupakan realisasi dari Program Tales from around the world Edisi Asia yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan, kisah, dan pengalaman selama menempuh studi di luar negeri, khususnya di Asia. Acara berbagi cerita tersebut disiarkan langsung di akun kanal YouTube IISMA dan terbuka bagi pelajar sekolah menengah, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Kegiatan talk show yang dimoderatori oleh Ranyandra Valera Edhie Putra (awardee IISMA 2022 di Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia dari Universitas Pendidikan Indonesia) mencakup aspek akademik dan non-akademik dengan narasumber antara lain Evita Christiana (awardee IISMA 2022 di Universiti Malaya, Malaysia dari Universitas Katolik Parahyangan), Fidella Novilya (awardee IISMA 2022 di National Taiwan University of Science and Technology, Taiwan dari Universitas Sumatera Utara), Muhammad Bijaksabara Hikmawan (awardee IISMA 2022 di Korea University, Korea dari Universitas Terbuka), Dian Insan Imani (awardee IISMA 2022 di Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia dari Universitas Indonesia), Haqal Aufarassya Anwar (awardee IISMA 2022 di Nanyang Technological University, Singapura dari Universitas Indonesia), dan Putri Faiqdini Baihaqi (awardee IISMA 2022 di Chulalongkorn University, Thailand dari Institut Bio Scientia Internasional Indonesia).

Baca Juga :  Kemendikbudristek Kolaborasi dengan Google Hadirkan kembali Program Bangkit 2022

Ketua Program IISMA Rachmat Sriwijaya dalam sambutannya menyampaikan bahwa Program IISMA tidak hanya bertumpu pada akademik namun juga non-akademik. Cerita dari pelaku yang langsung menjalani dan merasakan langsung manfaat dari program IISMA, dapat memberikan motivasi bagi anak-anak muda lainnya. “Acara ini merupakan kebanggaan program IISMA karena para awardee dapat berbagi pada calon awardee IISMA. Harapan kami, pertahankan terus reputasi dan kemauan untuk berbagi untuk sesama bangsa, dengan cara inilah kita akan menjadi besar,” paparnya.

Sementara itu perwakilan dari KBRI Singapura, IGAK Satrya Wibawa selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura mengapresiasi IISMA sebagai terobosan luar biasa dalam memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengecap pendidikan di luar negeri. “Ibarat kita tinggal di sebuah rumah, kadang kita tidak tahu bagaimana bentuk rumah tersebut dari luar. Program IISMA ini seperti keluar dari rumah kita untuk melihatnya dari luar dan melihat rumah orang lain di dalam. Dengan perspektif yang baru ini, kita tahu apa yg harus dilakukan dan diperbaiki. Selain menjadi bagian dari anak-anak bangsa untuk mendapat kesempatan ke luar negeri, IISMA juga menjadi proses belajar untuk memperbaiki dan membangun negara. Kesempatan luar biasa tolong dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tahun Akademik 2020/2021, Perkuliahan Tatap Muka Diizinkan dengan Protokol Kesehatan Ketat

Pada Fall Semester 2022 ini, IISMA mengirimkan mengirimkan sejumlah 258 mahasiswa ke tiga belas universitas di Asia, antara lain Nanyang Technological University, Korea University, Hanyang University, National Taiwan University, National Taiwan University of Science And Technology, Chulalongkorn University, Prince of Songkla University, Middle East Technical University, Universiti Brunei Darussalam, Universiti Malaya, Universiti Kebangsaan Malaysia, Universiti Sains Malaysia, dan Universiti Teknologi Malaysia.

Dalam acara talk show ini, para narasumber berbagi info dan pengalaman-pengalaman menarik selama mengikuti program IISMA, mulai dari pertimbangan memilih host university, mata kuliah proses pembelajaran yang diikuti, beradaptasi dengan lingkungan dan sistem perkuliahan di negara tujuan, hingga mempelajari kebudayaan di negara tujuan. Kegiatan talk show ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan semangat bagi pelajar/mahasiswa untuk mengembangkan diri melalui berbagai kesempatan mengikuti program-program ke luar negeri seperti yang ditawarkan oleh IISMA.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
231 Views