Lolos Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Mahasiswi UNSOED ‘Seperti Kuliah di Sekolahnya Harry Potter’

Ada pepatah yang mengatakan kesempatan tak datang dua kali.  Hal ini sepertinya yang mendorong Dina Rizqyatuzzahra, Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat Unsoed Angkatan 2018 untuk mengikuti seleksi Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).  Dina merupakan salah satu dari enam mahasiswa UNSOED yang lolos program IISMA ini.  Dina berhasil lolos seleksi dan mendapat kesempatan untuk menempuh satu semester di salah satu Kampus ternama dunia yaitu University of Glasgow (U0fG), United Kingdom (UK).  Dina mengatakan bahwa program IISMA ini merupakan program beasiswa kerjasama dari kemendikbud dan lpdp yang merupakan kesempatan emas bagi teman-teman yang ingin mendapatkan pengalaman baru dengan belajar selama satu semester di kampus impian luar negeri. “Dengan mengikuti program ini, kita dapat menambah wawasan mengenai negara yang kita kunjungi dan menambah ilmu pengetahuan yang tidak diajarkan di kampus tempat kita belajar di Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga :  ULM Buat Hand Sanitizer Hingga Aktif Buka Layanan Konseling Psikologi

Ketertarikan Dina pada UofG bukanlah tanpa alasan.  Ia mengungkapkan bahwa University of Glasgow  merupakan salah satu universitas top dan tertua ke 4 di UK.  “Bangunannya antik dan unik seperti cerminan Hogwarts dalam serial Harry Potter,” ungkapnya.  Kampus ini terletak di kota Glasgow yang indah dan aman bagi pelajar menjadi alasan bagi Dina untuk memilihnya.

Untuk mengikuti seleksi program IISMA ini ada berbagai hal yang harus disiapkan.  Persaiangan di program IISMA juga sangat ketat dengan mahasiswa dari seluruh Indonesia.  Dina mengungkapkan bahwa salah satu syarat utama adalah persiapan untuk tes bahasa inggris yang merupakan syarat pendaftaran yang terpenting. “Kemudian yang tak kalah penting tentunya adalah tekad, mental dan doa yang kuat untuk dapat mengikuti seleksi dengan menonjolkan keunggulan yang dimiliki di diri masing-masing dan berdoa semoga selalu diberikan kelancaran,” jelasnya.

Baca Juga :  Pakar Oseanografi IPB University Beri Gambaran Pergerakan Kapal Selam Nanggala 402 di Dalam Laut

Dina berharap dengan mengikuti program ini dapat mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik dan kompeten. “Selain itu, program ini juga dapat menjadi motivasi bagi saya untuk mengikuti program beasiswa lain untuk studi lanjut dan memotivasi teman-teman khususnya dari Unsoed untuk mengikuti program ini sehingga mendapatkan pengalaman dan ilmu baru yang tidak didapatkan di tempat lain,” ungkapnya. 

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1246 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x