Anugerah Academic Leader 2023: Penghargaan bagi Dosen dan Pemimpin Perguruan Tinggi yang Visioner, Unggul, dan Menginspirasi

Bali – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui Direktorat Sumber Daya memberikan Anugerah Academic Leader Tahun 2023. Sebanyak 8 dosen dan 3 rektor dari 22 nominasi terpilih mendapatkan penghargaan pada ajang yang dihelat pada Senin (13/11) di Grand Hyatt Hotel, Nusa Dua, Bali.

Ajang bergengsi Anugerah Academic Leader Tahun 2023 menciptakan momentum yang luar biasa dalam mengapresiasi keunggulan dan dedikasi para dosen dan pemimpin akademis. Penghargaan ini diberikan kepada dosen dan pemimpin perguruan tinggi yang visioner, mampu menginspirasi, serta unggul dalam karya inovatif baik secara akademik maupun bagi pembangunan bangsa, hingga mendapat pengakuan nasional dan/atau internasional.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam menyampaikan anugerah ini sebagai bentuk apresiasi atas kinerja para akademisi yang membanggakan dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.

“Selamat kepada para penerima Anugerah Academic Leader. Semoga semakin produktif dan menginspirasi para akademisi lainnya,” tutur Nizam.

Direktur Sumber Daya M. Sofwan Effendi menambahkan, “Penghargaan ini sekaligus menjadi langkah nyata untuk  memberikan dorongan kepada dosen agar terpacu untuk mengembangkan ide kreatif dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan secara nyata berkontribusi terhadap pencapaian indikator kinerja utama (IKU).”

Baca Juga :  Ditjen Diktiristek Ekspos Program Kampus Merdeka di Indonesia International Education and Training Expo 2023

Penetapan para penerima Anugerah Academic Leader 2023 dilakukan melalui serangkaian proses penilaian mulai dari pengumpulan data melalui laman resmi https://sumberdayadikti.kemdikbud.go.id hingga penilaian mendalam terhadap dokumen peserta melalui desk evaluation serta fact finding.

Para dosen yang dinobatkan tidak hanya dipilih karena capaian tridarma yang meliputi kecemerlangan dalam pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, tetapi juga berdasarkan kapasitas kepemimpinan dalam keilmuan, serta rekam jejak dalam membangun jejaring nasional dan global.

Demikian pula dengan para rektor yang terpilih, dinilai berdasarkan capaian tridarma yang diindikasikan dengan pencapaian IKU perguruan tinggi, kapasitas kepemimpinan dalam keilmuan dan institusi, serta inovasi penerapan MBKM.

Dari serangkaian proses penilaian, akhirnya terpilih 11 nama untuk meraih Anugerah Academic Leader 2023 di berbagai bidang keilmuan. Berikut para penerima penghargaan dari setiap nominasi.
1. Anugerah Dosen sebagai Academic Leader bidang Sains diberikan kepada Ahmad Taufiq (Universitas Negeri Malang)
2. Anugerah Dosen sebagai Academic Leader bidang Teknologi diberikan kepada Ubaidillah (Universitas Sebelas Maret)
3. Anugerah Dosen sebagai Academic Leader bidang Sosial Humaniora diberikan kepada Suyadi (Universitas Ahmad Dahlan)
4. Anugerah Dosen sebagai Academic Leader bidang Seni dan Budaya diberikan kepada Adam Wahida (Universitas Sebelas Maret)
5. Anugerah Dosen sebagai Academic Leader bidang Kesehatan diberikan kepada Yuda Turana (Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya)
6. Anugerah Dosen sebagai Academic Leader bidang Pertanian diberikan kepada Luki Abdullah (Institut Pertanian Bogor)
7. Anugerah Dosen sebagai Academic Leader bidang Kemaritiman diberikan kepada Alim Isnansetyo (Universitas Gajah Mada)
8. Anugerah Dosen sebagai Academic Leader bidang Kependidikan diberikan kepada Yuli Rahmawati (Universitas Negeri Jakarta)
9. Anugerah Rektor Sebagai Academic Leader Perguruan Tinggi Terakreditasi C/Baik diberikan kepada Dedi Mulyadi (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
10. Anugerah Rektor Sebagai Academic Leader Perguruan Tinggi Terakreditasi B/Baik Sekali diberikan kepada Chairul Hudaya (Universitas Teknologi Sumbawa)
11. Anugerah Rektor Sebagai Academic Leader Perguruan Tinggi Terakreditasi A/Unggul diberikan kepada Ganefri (Universitas Negeri Padang)

Baca Juga :  Tiga Mahasiswa FPIK Unpad Ikuti Pertukaran di Mokpo National University, Korea Selatan

Humas Ditjen Diktiristek
Kemendikbudristek

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
2136 Views