Dirjen Diktiristek Resmikan Gedung Satu Gurindam-Ismeth Abdullah Universitas Maritim Raja Ali Haji

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Abdul Haris  meresmikan Gedung Satu Gurindam-Ismeth Abdullah, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) di Dompak, Tanjungpinang pada Rabu (14/5). Peresmian ini ditandai dengan pemindaian kode QR di layer Videotron dan penandatanganan prasati.

Pada kesempatan tersebut, Abdul Haris menyatakan harapan besarnya agar Gedung Satu Gurindam-Ismeth Abdullah dapat menjadi pusat pengembangan pendidikan tinggi yang unggul dan mampu mencetak generasi muda yang inovatif dan berprestasi. “Ini adalah langkah penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Kepulauan Riau,” ujarnya Abdul Haris.

Rektor UMRAH Agung Dhamar, menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Kemdikbudristek dan menegaskan gedung baru ini akan menjadi fasilitas penting kampus untuk kegiatan akademik dan penelitian. “Gedung ini dilengkapi dengan galery tamadun maritim dan ruang smart classroom yang akan sangat bermanfaat bagi civitas akademika. Selain itu, fasilitas layanan publik dan unit layanan terpadu di lantai 1 Gedung B akan memudahkan akses informasi,” ujar Agung Dhamar.

Baca Juga :  Dirjen Dikti: Semangat Gotong Royong dan Adaptasi Teknologi di Masa Pandemi Harus Dipertahankan dan Ditingkatkan

Agung Dhamar mengungkapkan rencana pengembangan fasilitas akademik lainnya, termasuk pembangunan gedung fakultas kedokteran dan laboratorium terpadu yang akan bekerjasama dengan industri. “Tidak menutup kemungkinan kami juga akan membangun asrama mahasiswa dengan koordinasi bersama pemerintah daerah,” tambahnya.

Gedung Satu Gurindam tidak hanya menjadi pusat layanan akademik cerdas terpadu, tetapi juga platform pengembangan tamadun maritim melalui Galeri Tamadun Maritim yang didedikasikan untuk menghormati Raja Ali Haji dan karya-karyanya yang terkenal seperti Gurindam XII dan Kitab Pengetahuan Bahasa, yang merupakan dasar tata bahasa Indonesia dari bahasa Melayu Riau yang berkembang di Pulau Penyengat.

Direktur Sumber Daya Manusia Kemdikbudristek dan Ketua Tim Sarana dan Prasarana Dikti turut menghadiri acara peresmian Gedung ini. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendukung infrastruktur pendidikan tinggi. Gubernur Kepulauan Riau, melalui Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Andri Rizal, S.E, MM, juga menyampaikan dukungan pemerintah daerah terhadap upaya peningkatan kualitas pendidikan di Kepulauan Riau.

Baca Juga :  IISMA Kembali Memberangkatkan 24 Mahasiswa ke Dua Kampus Terbaik di Irlandia

Pada acara peresmian ini hadir pula Direktur Sumber Daya Diktiristek, Dewan Pertimbangan UMRAH, para Wakil Rektor UMRAH, perwakilan Lembaga Adat Melayu Kepri, Ketua Senat UMRAH, Ketua DWP UMRAH, Rektor ke-2 UMRAH, Kepala Perwakilan BPKP Kepri, para Dekan UMRAH, Forum Komunikasi Perangkat Daerah (FKPD), serta tamu undangan lainnya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
266 Views