KOICA dan UI Tandatangani RoD bersama Ditjen Diktiristek

Jakarta – Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Nizam, Wakil Rektor bidang SDM dan Aset Universitas Indonesia (UI) Dedi Priadi, serta Country Director KOICA (Korea International Cooperation Agency) Indonesia Yun Gil Jeong menandatangani Record of Decision (RoD) kerja sama antara KOICA dengan Universitas Indonesia.

Penandatanganan dokumen kerja sama ini bertujuan untuk membangun dan menguatkan ekosistem yang baik bagi perkembangan sumber daya manusia di Indonesia. Dengan menjadi tuan rumah Connectivity Hub (C-Hub), UI memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada masyarakat luas dalam hal pengembangan dan berbagai pengetahuan dengan teknologi serta komunikasi sebagai sarana penghubungnya, yang merupakan hasil dari upaya akademis, penelitian, dan pengabdian masyarakat berkelanjutan.

“Adanya proses transformasi teknologi dalam edukasi dan pendidikan bahkan dalam Information and Communication Technology (ICT) di dunia pendidikan sangatlah penting,” ujar Nizam.

Baca Juga :  Ditjen Dikti Adakan Pembekalan Duta Edukasi Perubahan Perilaku

Ditjen Diktiristek menyadari bahwa selama masa pandemi yang hampir menginjak tiga tahun, proses transformasi teknologi dan edukasi telah berkembang pesat. Di era perkembangan teknologi ini, sangatlah penting untuk tetap memperhatikan terkait sisi kemanusiaan.

“Kemendikbudristek sangat mengapresiasi atas terjalinnya kerja sama antara KOICA dan Universitas Indonesia yang dapat menjadikan next level of Society,” lanjut Nizam.

UI secara efektif dapat membangun jembatan yang kokoh dengan pemerintah, industri, komunitas, nonpemerintah, dan organisasi sosial yang dilengkapi dengan ruang kelas pintar serta modul jarak jauh studio pengembangan untuk Massive Online Open Course (MOOC). C-Hub dapat mendukung dan mengembangkan serta mengimplementasikannya agar mampu mendobrak hambatan koordinasi dan komunikasi yang ada.

“Kami akan bekerja keras dalam upaya bersama untuk menghasilkan dan menyediakan data, informasi, pengetahuan, keterampilan praktis dan membuatnya tersedia untuk umum dalam bentuk kursus terbuka online atau MOOC secara besar-besaran,” ucap Dedi.

Baca Juga :  ForTi untuk Pendidikan dan Pemberdayaan Perempuan Indonesia

KOICA Indonesia menghargai langkah dan berterima kasih Kemendikbudristekb dan Tim Akademik UI atas kerja keras kepemimpinan serta kerja sama yang telah dijalankan hingga saat ini.

“Saya dan tim berjanji untuk bekerja secara maksimal seperti halnya tim perwakilan akademik dari Universitas Indonesia yang ikut membantu kami dalam menjalankan program ini,” kata Jeong.

“Kemendikbudristek akan mendukung penuh serta memastikan semuanya akan berjalan lancar sesuai koordinasi. Saya berharap ini akan menjadi jangka panjang kerja sama di masa yang akan mendatang,” tutup Nizam.

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)
Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
436 Views